*Halaman ini diterjemahkan secara otomatis dari artikel berbahasa Inggris
Ikhtisar
1. Q: Apa nilai jual dari Xiaomi Buds 5?
A: Nilai jual Xiaomi Buds 5 adalah sebagai berikut:
1. Peredam bising semi in-ear yang nyaman dapat menyesuaikan kedalaman pengurangan kebisingan secara real-time melalui status pemakaian saat ini dan menyeimbangkan tekanan telinga, memiliki peredam bising yang nyaman dan nyaman;
2. Ini memiliki sertifikasi Hi-Res Audio Wireless dan pengkodean Qualcomm aptX Lossless, yang dapat mengirimkan audio lossless;
3. Anda dapat menikmati audio dimensi di seluruh perangkat dan platform. Earbud dapat mengidentifikasi dan melacak posisi kepala Anda secara dinamis;
4. Earbud mendukung peredam bising berbasis AI untuk panggilan, dengan 3 mikrofon dan algoritma peredam bising AI;
5. Dengan daya tahan baterai ekstra lama, Anda dapat menikmati hingga 6,5 jam bermain dengan sekali pengisian daya, atau hingga 37,5 jam saat digunakan dengan wadah pengisi daya. Pengisian daya 10 menit menyediakan pemutaran musik hingga 2,5 jam;
6. Mendukung perekaman, yang dapat dikontrol dan disimpan secara independen dan dapat diunggah ke aplikasi;
7. Earbud dinilai tahan debu dan air IP54;
8. Anda dapat menyesuaikan earbud Anda melalui Xiaomi Earbuds APP.
2. Q: Bagaimana penampilan Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 kecil dan indah.
Tampilan dan fungsi Xiaomi Buds 5 diilustrasikan di bawah ini:

3. Q: Apa nama Xiaomi Buds 5 yang ditampilkan dalam daftar Bluetooth smartphone?
A: Nama yang sesuai adalah Xiaomi Buds 5.
4. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 kompatibel dengan casing pengisi daya earphone Bluetooth nirkabel lainnya?
A: Ini tidak kompatibel dengan casing pengisi daya earphone Bluetooth nirkabel lainnya.
5. Q: Apa versi Bluetooth dari Xiaomi Buds 5?
A: Versi Bluetooth dari Xiaomi Buds 5 adalah 5.4.
6. Q: Apa daya tahan baterai Xiaomi Buds 5?
A: Saat ANC dimatikan, memutar musik dapat bertahan selama 6,5 jam pemutaran dengan sekali pengisian daya, atau hingga 37,5 jam saat digunakan dengan casing pengisi daya.
Kondisi uji ketahanan baterai: Saat level baterai earbud 100%, dengan ANC yang dimatikan, pelacakan kepala, mode pengkodean Bluetooth AAC, dan volume earbud 50%, waktu pemutaran musik dapat mencapai 6,5 jam. Saat earbud dan casing pengisi daya terisi penuh, waktu pemutaran musik bisa mencapai 37 jam.
Catatan:
1. Di atas adalah data uji laboratorium. Masa pakai baterai yang sebenarnya bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti volume, sumber suara, gangguan lingkungan, fungsi produk, dan kebiasaan penggunaan;
2. Masa pakai baterai ponsel yang berbeda akan bervariasi. Jika ponsel mengaktifkan peredam bising atau fungsi pelacakan kepala, masa pakai baterai akan dipersingkat.
7. Q: Apakah baterai dukungan Xiaomi Buds 5 sedang diubah?
A: Baterai Xiaomi Buds 5 tidak dapat dilepas dan tidak dapat diganti.
8. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 tahan debu dan tahan air?
A: Earbud dinilai tahan debu dan air IP54. Namun, casing pengisi daya tidak tahan debu atau tahan air.
Xiaomi Buds 5 mengadopsi desain tahan debu dan tahan air IP54, yang dapat mencegah perendaman air dari segala arah. Earbud dapat bekerja secara normal dan tetap aman dan sehat, kapan pun setelah latihan berkeringat seperti kebugaran, atau di mana pun berjalan atau bersepeda dalam gerimis. Disarankan untuk menyeka earbud tepat waktu setelah berkeringat.
Catatan:
1. Tahan cipratan, air, dan debu tidak permanen dan akan terdegradasi karena keausan. Jangan mengisi daya earbud saat basah. Jangan berenang dengannya. Kerusakan yang disebabkan oleh perendaman dalam cairan tidak tercakup dalam garansi;
2. Tidak tahan terhadap air panas. Jangan memakainya saat mandi. Tidak disarankan untuk memakainya saat berolahraga berat, jika keringat menyusup ke kerusakan.
9. Q: Bagaimana efek peredam bising dari Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 mengadopsi desain semi in-ear, dengan fungsi pembatalan kebisingan adaptif aktif.
Catatan:
1. Mengenai masalah keamanan, Anda tidak disarankan memakai earbud saat Anda perlu memperhatikan lingkungan seperti mengendarai sepeda atau menyeberang jalan;
2. Earbud mendukung peralihan 2 mode peredam bising (Peredam bising seimbang dan Peredam bising dalam), dan Anda dapat menggantinya secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda;
3. Peredam bising adaptif adalah beralih di antara 2 mode peredam bising secara otomatis sesuai dengan tingkat kebisingan di sekitarnya. Ini diatur secara default dalam mode Deep noise cancellation untuk menyesuaikan earbud ke tekanan telinga yang sesuai;
4. Pengaturan peredam bising yang didukung adalah Balance, Deep dan Adaptive.
10. Q: Berapa banyak warna yang dimiliki Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 memiliki tiga warna, yaitu Ceramic White, Graphite Black, dan Titan Grey.
11. Q: Apa platform perangkat keras dan kapasitas baterai Xiaomi Buds 5?
A: Platform perangkat keras Xiaomi Buds 5 adalah Qualcomm QCC3081. Kapasitas baterai earbud adalah 35mAh dan kapasitas baterai wadah pengisi daya adalah 480mAh.
Pertanyaan Umum
1. Q: Bagaimana menghubungkan Xiaomi Buds 5 ke telepon?
A: Langkah-langkah koneksi adalah sebagai berikut:
1. Masukkan earbud ke dalam casing, buka penutup casing, dan tahan tombol fungsi selama 2 detik hingga lampu berkedip putih. Earbud sedang menunggu koneksi;
2. Nyalakan Bluetooth di ponsel Anda, cari dan sambungkan ke Xiaomi Buds 5 (jika kata sandi diperlukan, masukkan "0000");
Catatan:
Jika koneksi gagal, harap masukkan kembali earbud ke dalam casing, dan ulangi langkah-langkah di atas.
3. Saat perangkat mematikan Bluetooth atau melebihi rentang koneksi, Bluetooth terputus, dan earbud akan mengeluarkan suara prompt pemutusan, dan kemudian secara otomatis memasuki status koneksi menunggu. Jika tidak terhubung ke perangkat apa pun dalam waktu 10 menit, earbud akan memasuki status koneksi ulang pasif, dan memasuki mode tidur setelah 10 menit. Itu dapat dibangunkan dengan memakainya lagi dan memasuki keadaan koneksi menunggu;
Catatan:
Koneksi ulang pasif berarti earbud tidak dapat terhubung kembali secara aktif ke perangkat. Anda harus memasukkan antarmuka Bluetooth perangkat dan mengetuk nama Bluetooth earbud secara manual untuk menghubungkan kembali. (Earbud memiliki catatan koneksi dengan perangkat.)
4. Dengan earbud di wadah pengisi daya, buka wadah pengisi daya dan earbud akan secara otomatis terhubung kembali ke perangkat Bluetooth yang terakhir terhubung. Jika tidak ada catatan koneksi yang terdeteksi, itu akan memasuki mode berpasangan. Jika tidak berhasil terhubung kembali ke perangkat Bluetooth apa pun, earbud akan memasuki keadaan tidak dapat ditemukan dan tidak dapat terhubung setelah 1 menit.
Catatan:
Jika earbud tidak dapat terhubung kembali ke perangkat, earbud perlu terhubung kembali secara manual melalui antarmuka Bluetooth.
2. Q: Bagaimana menghubungkan Xiaomi Buds 5 ke Xiaomi Earbuds APP? Dan perintah suara apa yang didukung untuk kontrol?
A: 1. Pindai kode QR untuk mengunduh dan menginstal Aplikasi Earbud Xiaomi;
2. Ikuti petunjuk di aplikasi untuk menghubungkan earbud.

Catatan:
1. Selama proses koneksi, pastikan Bluetooth ponsel cerdas diaktifkan. Masukkan earbud ke dalam wadah pengisi daya, buka penutupnya, dan pastikan ponsel cerdas Anda berada di dekat casing;
2. Xiaomi Earbuds APP mendukung ponsel dengan Android 6.0 ke atas dan iOS 14.0 ke atas;
3. Harap perbarui APP ke versi terbaru;
4. Xiaomi Buds 5 tidak mendukung kontrol suara.
3. Q: Fungsi apa yang dapat disadari oleh Xiaomi Buds 5 saat mengikat ke APP Xiaomi Earbuds?
A: Ikat Xiaomi Buds 5 ke Xiaomi Earbuds APP untuk menyesuaikan properti earbud dan mendapatkan sumber daya terkait dari earbud Xiaomi.
Fungsi spesifiknya adalah sebagai berikut:
1. Anda bisa mendapatkan versi firmware yang diperbarui dan memperbarui firmware secara online. Earbud Xiaomi hanya dapat meningkatkan dari versi yang lebih rendah ke versi yang lebih tinggi, dan tidak mendukung penurunan versi dari versi yang lebih tinggi ke versi yang lebih rendah;
2. Anda dapat mengatur sakelar peredam bising dan mengganti mode peredam bising pada antarmuka beranda Xiaomi Earbuds APP;
3. Anda dapat menyesuaikan fungsi gerakan telinga kiri / kanan earbud di APLIKASI Xiaomi Earbuds;
4. Anda dapat mengatur audio Dimensi, suara Adaptif, dan efek Audio di Aplikasi Earbud Xiaomi;
5. Anda dapat mengatur deteksi In-ear, koneksi Ganda, dan Terima panggilan secara otomatis di APLIKASI Xiaomi Earbuds;
6. Anda dapat menemukan earbud melalui fungsi Temukan earphone Anda dari APLIKASI Earbud Xiaomi;
7. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa informasi baterai earbud dan wadah pengisi daya, dan memeriksa versi firmware earbud.
4. Q: Apa tindakan pencegahan pengisian daya untuk Xiaomi Buds 5?
A: Silakan lihat tindakan pencegahan pengisian daya berikut untuk Xiaomi Buds 5:
1. Disarankan untuk menggunakan pengisi daya merek biasa 5V. (Parameter input wadah pengisi daya adalah 5V⎓1A);
2. Jangan mengisi daya di lingkungan bersuhu tinggi (di atas 45°C), kelembapan tinggi (kelembapan di atas 85%), atau suhu rendah (di bawah 0°C);
3. Jika produk tidak digunakan untuk waktu yang lama, disarankan untuk mengisi daya sebulan sekali (wadah pengisi daya terisi penuh) untuk menghindari daya rendah yang menyebabkan kerusakan baterai dan dengan demikian mempengaruhi masa pakai produk.
5. Q: Bagaimana cara menghidupkan / mematikan Xiaomi Buds 5?
A: 1. Menghidupkan: Saat membuka wadah pengisi daya, earbud akan menyala secara otomatis;
2. Mode Tidur (Mematikan): Tempatkan kembali earbud ke wadah pengisi daya dan tutup penutupnya, earbud akan terlepas dan masuk ke mode tidur secara otomatis.
6. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 dapat diisi oleh sumber daya portabel?
A: Tidak disarankan untuk mengisi daya Xiaomi Buds 5 dengan sumber daya portabel.
Catatan:
Karena sebagian besar sumber daya portabel di pasaran tidak mendukung output arus rendah, dan arus pengisian wadah pengisi daya lebih rendah daripada ponsel dan perangkat lain, arus pengisian lebih rendah dari arus beban minimum sumber daya portabel. Sumber daya portabel akan menentukan bahwa baterai terisi penuh dan secara otomatis memutus daya, menyebabkan earbud tidak dapat diisi atau terisi penuh.
7. Q: Dapatkah semua versi kabel pengisi daya Type-C mengisi daya Xiaomi Buds 5?
A: Semua versi kabel pengisi daya Tipe-C dapat digunakan untuk mengisi daya, tetapi adaptor daya harus menggunakan pengisi daya 5V⎓1A merek biasa.
8. Q: Bisakah casing pengisi daya Xiaomi Buds 5 diisi daya melalui port USB di komputer?
A: Xiaomi Buds 5 dapat diisi daya melalui port USB komputer. Harap gunakan kabel pengisi daya Tipe-C untuk mencolokkannya dengan benar ke port USB komputer untuk mengisi daya wadah pengisi daya.
9. Q: Bagaimana cara memeriksa level baterai Xiaomi Buds 5?
A: Untuk memeriksa level baterai, silakan merujuk ke metode berikut:
1. Mendukung pemeriksaan level baterai melalui bayangan notifikasi di ponsel iOS dan Android, dan hanya menampilkan level baterai earbud dengan level baterai terendah;
2. Setelah earbud terhubung ke telepon, Anda dapat memeriksa level baterai earbud dan wadah pengisi daya melalui APLIKASI Xiaomi Earbuds (Didukung oleh ponsel iOS dan Android);
3. Secara otomatis mendeteksi level baterai saat wadah pengisi daya dibuka, atau ketuk tombol di bagian bawah casing saat kotak pengisian ditutup. Kedua situasi ini akan memicu indikator untuk menunjukkan level baterai.
Saat level baterai rendah (level baterai 5%<<40%), indikator oranye akan menyala selama 5 detik lalu padam.
Saat level baterai casing pengisi daya tinggi (level baterai≥40%), indikator hijau akan menyala selama 5 detik lalu padam.
10. Q: Dapatkah Xiaomi Buds 5 digunakan saat casing pengisi dayanya sedang diisi?
A: Penjelasannya adalah sebagai berikut skenario yang berbeda:
1. Kasing pengisi daya diisi sendiri: Earbud dapat digunakan;
2. Saat wadah pengisi daya dan earbud diisi daya secara bersamaan: Earbud harus ditempatkan di wadah pengisi daya selama pengisian daya, sehingga earbud tidak dapat dikeluarkan dan digunakan;
3. Saat wadah pengisi daya mengisi daya earbud: Earbud harus ditempatkan di wadah pengisi daya selama pengisian daya, sehingga tidak dapat dikeluarkan dan digunakan.
Catatan:
Jika casing pengisi daya hanya mengisi daya satu earbud, earbud lainnya dapat digunakan sendiri.
11. Q: Mengapa level baterai Xiaomi Buds 5 yang ditampilkan di ponsel berubah tiba-tiba?
A: Ponsel menampilkan data baterai dari status kerja earbud, dan tidak ada fenomena perubahan level baterai.
Catatan:
Saat earbud sedang diisi daya dan berfungsi, baterai earbud yang ditampilkan di ponsel akan diperbarui secara serempak.
12. Q: Bagaimana cara mengisi daya Xiaomi Buds 5? Apakah casing pengisi daya Xiaomi Buds 5 mendukung pengisian nirkabel?
A: Earbud harus ditempatkan di wadah pengisi daya untuk mengisi daya. Kasing pengisi daya hanya mendukung pengisian kabel.
Catatan:
Saat mengisi daya, indikator berubah oranye dari 0-90% dan berubah menjadi hijau saat earbud hampir terisi penuh. Ketika suhu sekitar terlalu tinggi atau terlalu rendah, efisiensi pengisian akan terpengaruh. Saat casing pengisi daya terisi penuh, casing dapat mengisi daya earbud sekitar 5 kali.
13. Q: Berapa kisaran efektif maksimum fungsi Xiaomi Buds 5?
A: Sekitar 10m saat earbud dan ponsel berada di ruang terbuka dan bebas dari rintangan.
Catatan:
Jika Anda berada di kantor atau di rumah, kisaran efektif akan berkurang karena dinding atau hambatan lainnya. Karena itu, jika Anda menggunakan ponsel di ruang tamu dan membawa earbud ke kamar tidur, ponsel akan membeku atau koneksi Bluetooth akan terputus.
14. Q: Mengapa ada perbedaan level baterai dan masa pakai baterai antara earbud kiri dan kanan Xiaomi Buds 5?
A: Adalah normal untuk earbud kiri dan kanan memiliki masa pakai baterai yang berbeda (penggunaan telinga ganda normal, perbedaan baterai antara earbud kiri dan kanan adalah ≤1%). Dalam skenario tertentu, akan ada perbedaan besar dalam masa pakai baterai earbud kiri dan kanan, seperti skenario penggunaan satu telinga dan skenario pengisian daya earbud tunggal.
15. Q: Apa arti dari warna indikator yang berbeda pada Xiaomi Buds 5?
A: Status indikator adalah sebagai berikut:
1. Pengisian: Ketika daya lebih besar dari 90%, indikator selalu berwarna hijau, jika tidak, indikator selalu berwarna oranye;
2. Status koneksi: Setelah membuka penutupnya, tekan dan tahan tombol fungsi selama 2 detik, indikator wadah pengisi daya akan berkedip putih, dan earbud akan menunggu koneksi. Earbud akan memasuki mode tidur tanpa koneksi dalam 1 menit, dan indikator akan mati;
3. Pemeriksaan baterai: Saat tutup wadah pengisi daya ditutup, tekan tombol fungsi sekali, baterai wadah pengisi daya lebih besar dari 40%, indikator selalu berwarna hijau selama 5 detik, lalu mati. Saat baterai wadah pengisi daya ≤40%, indikator selalu berwarna oranye selama 5 detik, lalu mati;
4. Deteksi dalam kotak: Saat earbud ditempatkan di dalam casing, status baterai earbud ditampilkan di detik pertama (berwarna hijau jika level baterai earbud >60%, jika tidak berwarna oranye). Level baterai casing pengisi daya ditampilkan setelah 1 detik. Jika level baterai casing pengisi daya >40%, lampu hijau akan menyala selama 8 detik lalu mati. Jika level baterai casing pengisi daya ≤40%, lampu oranye akan menyala selama 8 detik lalu mati.

16. Q: Bagaimana cara menggunakan Xiaomi Buds 5 untuk menjawab dan mengakhiri panggilan?
A: 1. Default pabrik: Saat mengenakan earbud, tekan Area Kontrol Jepit di kedua sisi earbud sekali: jawab / akhiri panggilan. Tekan Area Kontrol Jepit di kedua sisi earbud dua kali berturut-turut: tolak panggilan;
2. Kustom: Di Xiaomi Earbuds APP, Anda dapat mengatur gerakan menjawab / mengakhiri panggilan.
17.Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung pengambilan panggilan secara otomatis?
A: Dukungan. Ponsel Android dan iOS dapat mewujudkan fungsi Terima panggilan secara otomatis dengan menginstal Aplikasi Xiaomi Earbuds. Buka aplikasi Xiaomi Earbuds >> buka [Pengaturan tambahan] >> [Terima panggilan secara otomatis].
18. Q: Bagaimana cara memakai Xiaomi Buds 5 dengan benar?
A: Keluarkan earbud dari wadah pengisi daya dan kenakan sesuai dengan tanda kiri dan kanan (L&R) pada earbud.

Catatan:
Harap masukkan kembali earbud ke wadah pengisi daya tepat waktu setelah digunakan untuk memperpanjang masa pakainya dan mencegah kehilangan.
19. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mudah rontok saat dipakai?
A: Tidak mudah untuk jatuh. Xiaomi Buds 5 mengadopsi desain ergonomis. Earbud pas dengan saluran pendengaran eksternal dan stabil untuk dipakai.
Jika earbud tidak dipakai dengan kuat, disarankan untuk memeriksa apakah earbud dipakai dengan benar seperti yang ditunjukkan pada Panduan Pengguna.
Disarankan untuk menyeka kotoran atau noda minyak di permukaan earbud dengan tisu alkohol sebelum memakainya dan menjaga permukaan earbud tetap bersih. Oleh karena itu meningkatkan stabilitas keausan.
Catatan:
Karena perbedaan struktur bentuk telinga, tidak mungkin untuk menjamin bahwa earbud cocok untuk semua bentuk telinga 100%.
20. Q: Apakah akan ada reaksi merugikan dari memakai Xiaomi Buds 5?
A: Kekuatan earbud sangat rendah, harap gunakan dengan percaya diri.
Catatan:
1. Earbud mengadopsi desain semi in-ear. Memakainya untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan atau rasa sakit. Eksim akan terjadi di lingkungan bersuhu tinggi. Disarankan untuk melepas earbud dan beristirahat sebentar setelah menggunakannya selama 1 jam terus menerus;
2. Volume earbud tidak boleh terlalu tinggi. Volume yang berlebihan untuk waktu yang lama akan menyebabkan kelelahan pendengaran dan saraf saluran telinga Anda, dan dengan mudah membuat telinga Anda terasa sakit dan sakit. Disarankan agar Anda mengecilkan volume atau melepas earbud setelah memakainya setiap 2 jam untuk merilekskan telinga Anda atau memijatnya dengan ringan.
21. Q: Bagaimana cara mengoperasikan dan mengontrol Xiaomi Buds 5?
A: Anda dapat mengontrol fungsi Xiaomi Buds 5 dengan menekan Area Kontrol Jepitnya.
Untuk referensi Anda, fungsi default pabrik dari Area Kontrol Jepit adalah sebagai berikut:
1. Tekan Area Kontrol Jepit sekali: Jawab / Akhiri panggilan atau putar / jeda musik;
2. Tekan Area Kontrol Jepit dua kali berturut-turut: Tolak panggilan atau putar trek berikutnya;
3. Tekan Area Kontrol Jepit tiga kali berturut-turut: Putar trek sebelumnya;
4. Tekan dan tahan Area Kontrol Jepit selama 2 detik: Alihkan peredam bising;
5. Scroll ke atas dan ke bawah di Area Kontrol Jepit: Kontrol volume ke atas dan ke bawah.
Catatan:
Anda dapat menyesuaikan gerakan earbud kiri/kanan melalui APP Xiaomi Earbuds. Setelah mengatur ulang earbud, fungsi earbud kiri/kanan akan kembali ke pengaturan default.
22. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung deteksi In-ear?
A: Xiaomi Buds 5 mendukung fungsi deteksi In-ear, yang diaktifkan secara default. Mengenakan earbud akan memutar musik secara otomatis, dan melepas earbud akan menjeda musik sambil mendengarkan.
Catatan:
1. Tidak disarankan untuk mematikan deteksi In-ear secara manual di APP Earbud Xiaomi;
2. Anda dapat mengaktifkan / menonaktifkan fungsi ini di antarmuka Bluetooth earbud dari smartphone Xiaomi;
3. Jika musik tidak berhenti saat Anda melepas earbud dan tidak memulai saat Anda memakainya, silakan mulai/hentikan musik di telepon secara manual.
23. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung penyesuaian volume?
A: Xiaomi Buds 5 mendukung penyesuaian volume secara independen.
Untuk menyesuaikan volume earbud, silakan merujuk ke metode berikut:
1. Di bawah kondisi default pabrik, volume dapat disesuaikan dengan menggesek ke atas / bawah pada Area Kontrol Jepit earbud;
2. Anda juga dapat mengatur gerakan lain untuk menyesuaikan volume earbud Anda di APLIKASI Xiaomi Earbuds, seperti mengatur "tekan dua kali" menjadi "tingkatkan volume".
24. Q: Berapa banyak mikrofon yang dimiliki Xiaomi Buds 5?
A: Ada 3 mikrofon pada satu earbud (6 di kedua earbud): mikrofon utama (di bagian bawah earbud), mikrofon tambahan (mikrofon umpan maju, di tengah earbud), dan mikrofon umpan balik (di dalam bagian depan earbud).
25. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung penggunaan earbud tunggal?
A: Xiaomi Buds 5 mendukung penggunaan satu earbud (earbud lain harus berada di wadah pengisi daya dan tetap menutup tutupnya).
Catatan:
Untuk menggunakan kedua earbud setelah menggunakan satu earbud untuk sementara waktu, kenakan earbud lainnya, lalu kedua earbud akan terhubung secara otomatis.
26. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung stereo dual-channel?
A: Xiaomi Buds 5 mendukung stereo dual-channel.
27. Q: Bagaimana cara menggunakan fungsi perekaman Xiaomi Buds 5?
A: Fungsi perekaman dapat merekam audio selama 90 menit untuk setiap earbud. Kode rekaman menggunakan kode Opus, dan ekstensi file rekaman adalah "ogg". File rekaman disimpan di earbud. Anda dapat mengekspor file rekaman melalui Xiaomi Earbuds APP.
Berikut ini adalah deskripsi singkat tentang cara menggunakan fungsi perekaman:
1. Mulai merekam: Pastikan earbud Anda terhubung ke perangkat Anda. Tekan Area Kontrol Jepit tiga kali berturut-turut. Anda akan mendengar prompt, yang menunjukkan bahwa fungsi perekaman dimulai;
2. Akhiri perekaman: Tekan Area Kontrol Jepit tiga kali lagi. Anda akan mendengar prompt lain, yang menunjukkan bahwa rekaman telah berakhir;
3. Ekspor file rekaman: Anda dapat dengan mudah mengekspor file rekaman melalui Xiaomi Earbuds APP. Pastikan earbud Anda terhubung ke perangkat Anda dan buka aplikasi Xiaomi Earbuds >> [Rekaman] >> [Earphone] >> pilih [Simpan semua ke ponsel] untuk mengekspor file rekaman ke ponsel Anda.
Catatan:
Baik ponsel Android dan iOS mendukung fungsi perekaman. Ponsel iOS menggunakan BLE, dan waktu ekspor akan lebih lama dari ponsel Android. Waktu transmisi spesifik dipengaruhi oleh ukuran file dan lingkungan jaringan selama transmisi.
28. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung peringatan earphone Hilang?
A: Beberapa smartphone Xiaomi memiliki opsi peringatan earphone Hilang di antarmuka pengaturan Bluetooth. Anda dapat membuka [Pengaturan] >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> pilih [Peringatan earphone hilang] untuk mengaktifkan fungsi ini.
Catatan:
Xiaomi Earbuds APP tidak mendukung fungsi peringatan earphone Hilang.
29. Q: Bagaimana cara menggunakan fungsi Temukan earphone Anda dari Xiaomi Buds 5?
A: Anda dapat menggunakan fungsi Temukan earphone Anda melalui aplikasi Xiaomi Earbuds >> pilih [Xiaomi Buds 5] >> [Temukan earphone Anda] >> tap [Kiri], [Kanan] atau [Keduanya] dan earbud Anda akan mengeluarkan bunyi bip frekuensi tinggi.
Catatan:
1. Fitur ini berguna saat earbud berada di dekat Anda tetapi Anda tidak tahu lokasi tepatnya. Jika jaraknya agak jauh, Anda tidak dapat mendengar suara alarm dari earbud;
2. Jarak efektif untuk mendengar suara alarm bervariasi tergantung pada pendengaran pribadi, dan diharapkan berada dalam jarak 1-2 meter. Pada saat yang sama, jika lingkungan berisik, itu juga akan mempengaruhi penilaian lokasi.
30. Q: Bagaimana cara menggunakan fungsi audio Dimensi dari Xiaomi Buds 5?
A: Buka aplikasi Xiaomi Earbuds >> [Efek audio] >> [Audio dimensi] >> Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan [Suara imersif] atau [Lacak gerakan kepala].
Selain itu, Anda dapat membuka [Pengaturan] di ponsel Anda >> [Bluetooth] >> [Audio dimensi] >> Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan [Suara imersif] atau [Lacak gerakan kepala].
31. Q: Bagaimana cara menggunakan fungsi uji kesesuaian ujung telinga dari Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 tidak mendukung fungsi uji kesesuaian ujung telinga.
32. Q: Bagaimana cara menggunakan fungsi peredam bising adaptif dari Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 mengaktifkan pengurangan kebisingan adaptif secara otomatis sesuai dengan lingkungan sekitarnya.
Catatan:
1. Untuk menghindari ketidaknyamanan yang disebabkan oleh keadaan peredam bising yang kuat untuk waktu yang lama, fungsi Peredam bising adaptif akan secara otomatis menyesuaikan dengan tekanan telinga yang sesuai dan efek peredam bising sesuai dengan tingkat kebisingan lingkungan sekitarnya;
2. Kedalaman pengurangan kebisingan memiliki mode keseimbangan dan mode dalam. Mode peredam bising adalah mode dalam secara default.
33. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 memiliki mode tahan angin?
A: Xiaomi Buds 5 tidak memiliki opsi mode tahan angin. Namun, ia memiliki fitur tahan kebisingan angin dengan algoritma AI bawaan dan fitur ini diaktifkan secara otomatis secara default. (Ketika ada angin kencang terus menerus yang mempengaruhi earbud, untuk menghindari dampak kebisingan angin, earbud akan memasuki mode tahan kebisingan angin secara otomatis dalam waktu sekitar 5 detik.)
34. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung peredam bising aktif?
A: Ya, Xiaomi Buds 5 mengadopsi teknologi ANC (Active Noise Control).
Baik peredam bising cVc dan ANC digunakan untuk menekan kebisingan lingkungan, tetapi penerima manfaat sebaliknya.
Untuk referensi Anda, berikut adalah perbedaan antara peredam bising cVc dan ANC:
1. Xiaomi Buds 5 menggunakan teknologi peredam bising Qualcomm cVc. Dua mikrofon sensitivitas tinggi internal, dikombinasikan dengan peredam bising cVc, dapat secara dinamis mengurangi kebisingan dan gema lingkungan selama panggilan, dan membuat pihak lain mendengar lebih jelas;
2. Prinsip kerja ANC adalah mikrofon mengumpulkan kebisingan lingkungan eksternal, dan kemudian sistem mengubahnya menjadi gelombang suara terbalik dan menambahkannya ke speaker. Suara terakhir yang didengar oleh telinga manusia adalah kebisingan lingkungan dan kebisingan lingkungan terbalik. Kedua suara tersebut ditumpangkan untuk mencapai pengurangan kebisingan sensorik, dan penerima manfaatnya adalah diri Anda sendiri. Penerima peredam bising cVc adalah pihak lain yang menelepon.
35. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung penyiaran nama kontak secara otomatis?
A: Tidak, Xiaomi Buds 5 tidak mendukung penyiaran nama kontak secara otomatis.
Catatan:
Jika ponsel memiliki fungsi siaran dan fungsinya dihidupkan, Anda dapat mendengar siaran ponsel Anda melalui earbud, setelah mengenakan earbud.
36. Q: Bagaimana cara menghapus catatan pasangan antara Xiaomi Buds 5 dan telepon dan mengatur ulang Xiaomi Buds 5?
A: Untuk menghapus catatan pasangan, silakan lihat langkah-langkah berikut:
1. Ponsel Android: Buka Aplikasi Pengaturan >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> tap [Unpair] (Ambil smartphone Xiaomi sebagai contoh);
2. iPhone: Buka Aplikasi Pengaturan >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> tap ikon [i] di sebelah kanan >> tap [Lupakan Perangkat Ini] (Ambil iPhone 15 sebagai contoh).
Untuk mengatur ulang earbud, silakan lihat langkah-langkah berikut:
1. Masukkan earbud ke dalam wadah pengisi daya;
2. Tekan tombol fungsi wadah pengisi daya selama lebih dari 10 detik, indikator wadah pengisi daya berkedip oranye, lalu lepaskan tombol. Earbud diatur ulang, dan catatan pasangan dihapus. Indikator wadah pengisi daya berkedip putih, menunjukkan bahwa earbud masuk kembali ke mode pemasangan.
37. Q: Apa saja metode memperbarui firmware Xiaomi Buds 5?
A: Untuk memperbarui firmware, silakan merujuk ke metode berikut:
Metode 1
1. Pastikan earbud terhubung ke telepon;
2. Buka APLIKASI Xiaomi Earbuds. Jika ada versi baru, itu akan meminta pembaruan firmware;
3. Tap [Update], maka akan masuk ke proses update;
4. Harap tunggu dengan sabar hingga progres update mencapai 100%.
Metode 2
1. Pastikan earbud terhubung ke telepon;
2. Buka [Settings] (Pengaturan) di ponsel Anda;
3. Pilih [Bluetooth] dan tap ikon [>] di sebelah kanan [Xiaomi Buds 5];
4. Tap [Pengaturan tambahan];
5. Tap [Firmware update], maka akan masuk ke proses pembaruan. Harap tunggu dengan sabar hingga kemajuan pembaruan mencapai 100%.
Metode 3
1. Pastikan earbud terhubung ke telepon;
2. Buka [Settings] (Pengaturan) di ponsel Anda;
3. Pilih [Bluetooth] dan tap ikon [>] di sebelah kanan [Xiaomi Buds 5];
4. Tap [Pengaturan tambahan];
5. Aktifkan [Download automatically] (Unduh otomatis), maka akan mengunduh dan memperbarui versi baru secara otomatis.
38. Q: Dapatkah Xiaomi Buds 5 diperbarui lagi setelah Xiaomi Earbuds APP gagal memperbarui firmware?
A: Jika Xiaomi Earbuds APP gagal memperbarui firmware, silakan coba metode berikut:
1. Jika unduhan paket firmware gagal, pastikan jaringan tidak terhalang, atau ubah jaringan, lalu coba perbarui lagi;
2. Jika koneksi antara ponsel dan earbud tidak stabil, coba perbarui lagi, atau coba lagi di tempat dengan gangguan nirkabel yang lebih sedikit;
3. APP tidak mendukung pembaruan di latar belakang atau dalam keadaan layar terkunci. Pastikan bahwa Xiaomi Earbuds APP berjalan di latar depan dan layar tidak dimatikan.
39. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung mode latensi rendah dan bagaimana cara menyalakannya?
A: Beberapa smartphone Xiaomi memiliki fitur ini di antarmuka pengaturan Bluetooth, dan fitur latensi rendah diaktifkan secara default. Anda dapat membuka [Pengaturan] >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> [Audio] >> mengaktifkan [Latensi rendah untuk game].
40. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung jendela pop-up MIUI?
A: Xiaomi Buds 5 tidak mendukung jendela pop-up MIUI.
41. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung ditampilkan pada bayangan notifikasi?
A: Beberapa smartphone Xiaomi mendukungnya. Anda perlu mengaturnya di pengaturan Bluetooth. Setelah mengaturnya, Anda dapat memeriksa level baterai dan beberapa pintu masuk fungsi pada bayangan notifikasi ponsel. Silakan buka [Pengaturan] >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> [Pengaturan tambahan] >> aktifkan [Tampilkan pada bayangan Pemberitahuan].
42. Q: Apakah kabel pengisi daya yang disertakan dengan paket Xiaomi Buds 5 mendukung transfer data?
A: Tidak mendukung.
43. Q: Apakah kurangnya daya casing pengisi daya akan memengaruhi penggunaan Xiaomi Buds 5?
A: Jika earbud terisi penuh, kurangnya daya dalam wadah pengisi daya tidak akan memengaruhi penggunaan earbud. Namun, daya rendah jangka panjang dari casing pengisi daya akan menyebabkan kinerja baterai memburuk. Disarankan agar Anda mengisi wadah pengisi daya tepat waktu.
44. Q: Apakah casing pengisi daya Xiaomi Buds 5 mendukung pengisian terbalik?
A: Tidak mendukung.
45. Q: Apa efek dari casing pengisi daya Xiaomi Buds 5 yang mati karena daya rendah?
A: Untuk referensi Anda, situasi berikut akan terjadi:
1. Lampu LED wadah pengisi daya tidak akan menyala saat tutupnya dibuka;
2. Tidak mungkin menekan tombol fungsi untuk terhubung ke ponsel kedua;
3. Earbud tidak dapat dideteksi saat dimasukkan ke dalam wadah pengisi daya;
4. Pengaturan pabrik tidak dapat dipulihkan;
5. Firmware earbud tidak dapat diperbarui melalui OTA.
46. Q: Dapatkah Xiaomi Buds 5 terhubung ke dua ponsel secara bersamaan?
A: Xiaomi Buds 5 mendukung fungsi koneksi Ganda.
1. Metode pengaturan:
Buka aplikasi Xiaomi Earbuds >> [Xiaomi Buds 5] >> [Pengaturan tambahan] >> nyalakan [Koneksi ganda].
2. Metode koneksi:
(1). Hubungkan earbud ke APLIKASI Xiaomi Earbuds dan nyalakan opsi [Dual connection];
(2). Masukkan earbud ke dalam wadah pengisi daya dengan tutupnya terbuka. Tekan dan tahan tombol fungsi wadah pengisi daya selama 2 detik. Indikator berkedip terus menerus dan earbud memasuki mode berpasangan. Gunakan ponsel lain untuk mencari nama Bluetooth earbud dan menghubungkan.
47. Q: Dapatkah Xiaomi Buds 5 terhubung ke smart band atau smartwatch?
A: Tidak mendukung. Karena earbud, smart band, dan jam tangan pintar semuanya adalah perangkat terminal penerima, keduanya tidak dapat dihubungkan satu sama lain.
48. Q: Bagaimana menghubungkan Xiaomi Buds 5 ke ponsel baru setelah sudah terhubung ke ponsel lain?
A: Silakan lihat langkah-langkah berikut:
1. Masukkan earbud ke dalam wadah pengisi daya dengan tutupnya terbuka;
2. Tekan tombol fungsi casing pengisi daya selama lebih dari 10 detik. Indikator casing pengisi daya berkedip oranye. Lepaskan tombol dan earbud akan diatur ulang. Catatan koneksi lama akan dihapus. Indikator casing pengisi daya berkedip putih dan earbud masuk kembali ke mode berpasangan.
49. Q: Dapatkah earbud kiri dan kanan yang tersisa dari dua Xiaomi Buds 5 dipasang kembali setelah earbud kiri/kanan lainnya hilang?
A: Iya. Tempatkan earbud kanan dan kiri yang tersisa di wadah pengisi daya. Tekan dan tahan tombol fungsi wadah pengisi daya selama 10 detik dengan penutup terbuka untuk menyelesaikan pemasangan kembali.
50. T: Apakah ini mendukung menghubungkan setiap earbud kiri dan kanan Xiaomi Buds 5 ke ponsel atau perangkat lain secara terpisah dan menggunakannya sebagai dua earbud tunggal?
A: Tidak mendukung.
51. Q: Mengapa volume satu earbud Xiaomi Buds 5 menjadi lebih kecil setelah menggunakannya untuk sementara waktu?
A: Metode pemecahan masalah adalah sebagai berikut:
1. Silakan gunakan Aplikasi Earbud Xiaomi untuk mengonfirmasi apakah kedua earbud terhubung ke Bluetooth;
2. Disarankan untuk memeriksa apakah ada kotoran yang menghalangi lubang speaker. Anda dapat menggunakan sikat untuk membersihkan lubang speaker (seperti yang ditunjukkan di bawah) dan kemudian mengkonfirmasi apakah volume earbud telah kembali normal;

3. Earbud mendukung audio dimensi dan pelacakan kepala. Harap konfirmasi bahwa fungsi Suara imersif dimatikan.
52. Q: Mengapa volume Xiaomi Buds 5 setengah dari volume sebelumnya, setelah menggunakannya sebentar dan volume ponsel dinaikkan secara maksimal?
A: Silakan lihat langkah-langkah berikut untuk memecahkan masalah:
1. Lepaskan dan sambungkan earbud lagi;
2. Jika suara earbud masih pelan setelah terhubung kembali, Anda dapat menggeser ke atas di Area Kontrol Jepit untuk menambah volume;
3. Terkadang, ini karena mematikan fungsi volume Absolut di ponsel Anda. Disarankan agar Anda mengaktifkan fungsi volume absolut pada antarmuka pengaturan Bluetooth.
53. Q: Mengapa ada perbedaan volume antara Xiaomi Buds 5 dan perangkat terhubung lainnya yang berbeda?
A: Fenomena ini disebabkan oleh penyesuaian volume otomatis, yang normal. Silakan gunakan dengan percaya diri.
Situasi berikut adalah kemungkinan fenomena penyesuaian volume otomatis:
1. Saat terhubung ke perangkat MIUI, mekanisme perlindungan volume MIUI akan secara otomatis menyesuaikannya dengan volume sedang;
2. Saat terhubung ke perangkat iOS, earbud akan secara otomatis disinkronkan ke volume yang ditetapkan sebelumnya dari perangkat iOS ini;
3. Saat terhubung ke ponsel Android lain, beberapa ponsel tidak mengaktifkan volume absolut. Disarankan agar Anda mengaktifkan fungsi volume absolut pada antarmuka pengaturan Bluetooth.
Catatan:
Setelah earbud dan telepon berhasil dipasangkan, ketika earbud terhubung ke telepon lagi, volume akan disinkronkan ke volume sedang telepon yang disetel terakhir kali.
54. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 akan terputus ke perangkat secara otomatis setelah memasukkan kembali earbud ke wadah pengisi daya?
A: Logika pemutusan otomatis saat earbud ditempatkan di wadah pengisi daya adalah sebagai berikut:
1. Setelah earbud ditempatkan di wadah pengisi daya, jika tutupnya terbuka, koneksi akan tetap ada;
2. Setelah earbud ditempatkan di wadah pengisi daya, jika tutupnya ditutup, earbud akan terputus dari perangkat secara otomatis setelah 5 detik.
55. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 akan terhubung kembali ke perangkat secara otomatis setelah memutuskan sambungan karena jarak yang jauh antar perangkat?
A: Logika dan metode operasi koneksi ulang adalah sebagai berikut:
1. Jika Anda kembali dalam waktu 10 menit setelah pelepasan, earbud dapat dihubungkan kembali secara otomatis. Setelah lebih dari 10 menit, earbud memasuki mode tidur. Pada saat ini, dapat dihubungkan kembali secara otomatis setelah memakainya sekali;
2. Jika earbud tidak dapat terhubung kembali secara otomatis ke ponsel, coba masukkan kembali earbud ke wadah pengisi daya, tutup tutupnya dan tunggu selama 5 detik, lalu operasikan telepon untuk terhubung ke earbud lagi;
3. Jika langkah di atas tidak dapat terhubung kembali, silakan restart koneksi Bluetooth di ponsel. Tekan dan tahan tombol fungsi casing pengisi daya selama 2 detik. Setelah indikator casing pengisi daya berkedip dan memasuki mode berpasangan, sambungkan kembali ponsel.
56. Q: Apa yang harus dilakukan jika Xiaomi Buds 5 terputus dari telepon?
A: Jika ada beberapa router atau perangkat Bluetooth di sekitar earbud dan digunakan secara bersamaan, akan ada tingkat gangguan yang berbeda, sehingga earbud akan macet, terputus-putus, atau terputus dari telepon.
1. Alasan
(1). Earbud memiliki baterai lemah atau kehabisan daya;
(2). Ponsel jauh dari earbud, melebihi jarak transmisi efektif (sekitar 10m), atau ada hambatan antara earbud dan telepon;
(3). Karena kekhasan earbud Bluetooth, gelombang elektromagnetik di area tersebut akan mengganggu koneksi Bluetooth.
2. Solusi
(1). Harap isi daya earbud dan pastikan terisi penuh;
(2). Satukan earbud dan telepon, tidak melebihi jarak transmisi efektif (sekitar 10m), dan sambungkan kembali;
(3). Harap konfirmasi apakah earbud Anda berada di lingkungan dengan interferensi kuat, dan jauhkan dari oven microwave, kamera pengintai, dan benda lain dengan interferensi elektromagnetik yang kuat. Jika Anda berada di lingkungan interferensi yang kuat, disarankan untuk mencoba di ruang terbuka atau lingkungan dalam ruangan yang normal;
(4). Jika tidak ada yang berhasil di atas, masukkan earbud ke dalam wadah pengisi daya, tutup selama 5 detik, dan sambungkan kembali;
(5). Jika masalah masih tidak dapat diselesaikan, coba pulihkan earbud ke pengaturan pabrik. Masukkan earbud ke dalam wadah pengisi daya dengan penutup terbuka. Tekan dan tahan tombol fungsi selama 10 detik hingga lampu oranye berkedip tiga kali. Setelah memulihkan pengaturan pabrik, harap pasangkan kembali perangkat.
57. Q: Mengapa musik dari Xiaomi Buds 5 terkadang berhenti?
A: Ini karena pemakaian yang longgar, dan earbud tidak merasakan bahwa mereka sedang dipakai. Jadi musik secara otomatis berhenti. Disarankan untuk memakai earbud dengan benar dan memulai musik lagi.
58. Q: Mengapa musik berhenti atau suara dihidupkan saat mengenakan atau melepas Xiaomi Buds 5?
A: Earbud mendeteksi keausan melalui sensor deteksi in-ear. Jika Anda menutupi sensor saat memegang earbud, itu akan keliru dikenali sebagai memakai earbud. Jika Anda tidak memerlukan fungsi deteksi In-ear, Anda dapat mematikan fungsi ini di Xiaomi Earbuds APP >> [Pengaturan tambahan].
Catatan:
Saat memegang earbud dengan tangan Anda, jangan menutupi posisi sensor seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini (posisi panah merah).

59. Q: Apakah musik akan terus diputar setelah melepas salah satu earbud Xiaomi Buds 5 saat memutar musik dan memakainya lagi?
A: Dengan mengaktifkan fungsi deteksi in-ear, jika Anda melepas earbud saat memutar musik, musik akan dijeda secara otomatis. Jika Anda memakai earbud lagi, musik akan terus diputar secara otomatis (terlepas dari apakah earbud ada di dalam casing). Selama pemutaran video, jika Anda melepas earbud apa pun dan memakainya lagi, itu dikendalikan oleh perangkat lunak video untuk menentukan apakah video akan terus diputar secara otomatis atau tidak. Beberapa perangkat lunak video tidak akan diputar secara otomatis.
60. Q: Mengapa musik masih diputar saat earbud Xiaomi Buds 5 berada di casing pengisi daya?
A: Fenomena ini disebabkan oleh casing pengisi daya yang mati karena daya rendah. Harap isi daya casing pengisi daya tepat waktu.
Catatan:
Jika casing pengisi daya mati karena daya rendah, earbud dan casing pengisi daya tidak dapat berkomunikasi saat ini. Earbud akan mengenali bahwa tidak ada casing pengisi daya, dan akan terus terhubung ke telepon dan memutar musik.
61. Q: Akankah Xiaomi Buds 5 memiliki crosstalk?
A: Itu tidak akan terjadi.
Catatan:
Earbud hanya dapat dihubungkan ke satu perangkat pada satu waktu secara default, sehingga tidak akan ada crosstalk dengan perangkat lain. Silakan gunakan dengan percaya diri. Ketika Anda sedang menelepon, orang lain tidak akan mendengar apa yang Anda bicarakan.
62. Q: Mengapa tidak dapat mengoperasikan fungsi saat menekan Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 menggunakan metode press-to-operate. Setelah mengenakan earbud, tekan Area Kontrol Jepit di tengah earbud dengan tangan Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Anda akan mendengar prompt operasi tombol. Ikuti petunjuk pengoperasian fungsi yang dijelaskan dalam Panduan Pengguna untuk menekan earbud untuk penggunaan normal. Jika tidak ada respons setelah memakainya, coba kenakan earbud lagi atau sesuaikan posisinya.

63. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung penggunaan APP pihak ketiga untuk melakukan panggilan suara atau input suara?
A: Dukungan. Penggunaan akan bervariasi tergantung pada sistem.
1. Baik sistem iOS dan Android mendukung panggilan suara dan input suara;
2. Perangkat sistem Windows yang mendukung Bluetooth dapat melakukan panggilan suara setelah menghubungkan dan mengaturnya dengan benar. Sedangkan untuk input suara, dukungan perangkat lunak pihak ketiga diperlukan.
Catatan:
1. Jika perangkat lunak pihak ketiga tidak memiliki opsi input dan output suara, Anda dapat mengatur perangkat input dan output dalam pengaturan audio sistem Windows;
2. Jika perangkat lunak pihak ketiga dari sistem Windows memiliki saluran input dan output audio, cukup atur saluran ke earbud.
64. Q: Kata-kata panas suara apa yang didukung oleh suara lokal Xiaomi Buds 5?
A: Tidak mendukung.
65. Q: Bagaimana cara menggunakan fungsi kata-kata panas suara dari Xiaomi Buds 5?
A: Tidak mendukung.
66. Q: Apakah ponsel menggunakan mikrofon Xiaomi Buds 5 atau ponsel saat merekam video atau audio?
A: Saat merekam video atau audio, ponsel dan aplikasi yang berbeda memiliki pengaturan yang berbeda, tergantung pada skenario spesifik.
Saat melakukan panggilan atau mendengarkan musik, mikrofon earbud digunakan. Saat merekam video atau audio, mikrofon ponsel digunakan.
Catatan:
Mengambil iPhone iOS 17.5.1 sebagai contoh, mikrofon earbud digunakan untuk merekam audio, dan mikrofon ponsel digunakan untuk merekam video. Merek ponsel Android yang berbeda memiliki perilaku yang berbeda.
Anda dapat mengujinya sebagai berikut:
Setelah menghubungkan earbud ke ponsel, buka aplikasi perekaman. Kenakan earbud dan mulailah merekam setelah berjalan jauh dari ponsel (sekitar 3~5 meter). Setelah menghentikan perekaman, periksa apakah video atau audio yang direkam memiliki suara. Jika tidak ada suara atau suaranya kecil, artinya rekaman tersebut menggunakan mikrofon ponsel. Jika suaranya jernih, artinya rekaman menggunakan mikrofon earbud.
67. Q: Hanya dapat membawa earbud Xiaomi Buds 5 tanpa casing pengisi daya saat pergi ke luar?
A: Jika ponsel Anda sudah terhubung ke earbud, dan masa pakai baterai earbud saat ini dapat memenuhi kebutuhan Anda saat keluar, Anda tidak perlu membawa casing pengisi daya.
Catatan:
Disarankan agar Anda membawa wadah pengisi daya saat keluar, yang dapat meningkatkan masa pakai baterai earbud dan mengurangi risiko kehilangannya.
68. Q: Bagaimana cara merawat Xiaomi Buds 5?
A: Disarankan untuk merujuk pada informasi berikut untuk pemeliharaan:
1. Jangan biarkan earbud terkena tempat cair atau lembab;
2. Jangan gunakan pelarut abrasif untuk membersihkan earbud;
3. Cobalah untuk menghindari menempatkan earbud pada suhu rendah (di bawah 0 ° C), suhu tinggi (di atas 45 ° C), atau lingkungan variasi suhu yang besar untuk waktu yang lama. Aktivitas baterai mudah hancur di lingkungan ini untuk waktu yang lama, menyebabkan kerusakan baterai;
4. Jangan biarkan earbud terbuka untuk menghindari risiko ledakan;
5. Jangan sentuh earbud dengan benda tajam, yang akan menyebabkan goresan atau kerusakan;
6. Jangan memasukkan benda apa pun ke dalam earbud, yang akan merusak komponen internal;
7. Jangan mencoba membongkar earbud;
8. Jika Anda tidak menggunakan earbud untuk waktu yang lama, pastikan untuk meletakkannya di tempat yang kering. Jika earbud ditempatkan selama lebih dari satu bulan, isi daya tepat waktu untuk memastikan kinerja baterai dan earbud.
69. Q: Mengapa kualitas audio Xiaomi Buds 5 menjadi lebih buruk saat bermain game tetapi normal saat bermain musik?
A: Hal ini disebabkan oleh protokol yang berbeda diaktifkan oleh musik dan permainan.
1. Saat mendengarkan musik, protokol A2DP diaktifkan;
2. Saat bermain game, aplikasi game akan mengaktifkan protokol HFP. Namun, bandwidth audio protokol HFP sempit dan kualitas suaranya sedikit buruk.
70. Q: Apakah koneksi Bluetooth Xiaomi Buds 5 stabil saat melakukan panggilan telepon, mendengarkan musik, dan bermain game?
A: Xiaomi Buds 5 menggunakan teknologi Bluetooth 5.4, dan koneksi lebih stabil.
Catatan:
1. Karena karakteristik koneksi sinyal Bluetooth, sinyal earbud akan terpengaruh di lingkungan interferensi yang kuat, menyebabkan earbud membeku saat mendengarkan musik. Semua produk Bluetooth memiliki masalah ini. Misalnya, di kereta bawah tanah / kereta api / bandara, akan ada tingkat gangguan yang berbeda, dan situasi beku / terputus-putus akan terjadi;
2. Produk tidak akan membeku saat digunakan di lingkungan terbuka, kantor, kafe, rumah, dan lingkungan lain yang sinyal interferensinya tidak kuat.
71. Q: Mengapa ada latensi Xiaomi Buds 5 saat menggunakan suara, menonton video, dan bermain game?
A: Faktor latensi dan metode eliminasi adalah sebagai berikut:
1. Latensi disebabkan oleh gangguan lingkungan;
2. Jarak antara earbud dan perangkat melebihi jangkauan efektif (10 meter);
3. Pindahkan earbud dan perangkat lebih dekat, atur ulang earbud dan coba lagi;
4. Ganti perangkat untuk memverifikasi apakah itu masalah ponsel.
Catatan:
1. Dipengaruhi oleh lingkungan penggunaan, jaringan, dan kecepatan encoding dan decoding ponsel, akan ada tingkat latensi yang berbeda saat data audio ponsel dikirim ke earbud. Earbud menggunakan teknologi Bluetooth nirkabel sejati. Akan ada latensi tertentu dalam proses transmisi audio dari ponsel ke earbud utama/sekunder, tetapi itu tidak akan mempengaruhi kualitas musik dan panggilan. Apakah itu detail suara selama panggilan atau pita frekuensi yang kaya dalam musik, itu dapat benar-benar disajikan;
2. Karena protokol transmisi audio yang berbeda dari ponsel dan aplikasi yang berbeda, format pengkodean yang berbeda digunakan. Jadi latensi suara akan terjadi karena masalah kompatibilitas pengkodean.
72. Q: Apakah LHDC 4.0 dari Xiaomi Buds 5 kompatibel ke belakang?
A: Xiaomi Buds 5 tidak mendukung pengkodean LHDC.
73. Q: Bagaimana cara menikmati audio berkualitas CD dari Xiaomi Buds 5?
A: Audio berkualitas CD bergantung pada protokol aptX Adaptif.
Anda dapat menikmati audio berkualitas CD dengan membuka aplikasi Pengaturan >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> [Audio] >> [Kualitas audio] >> [aptX Adaptive].
74. Q: Apa itu aptX Lossless?
A: aptX Lossless adalah teknologi transmisi audio baru yang dirancang untuk memberikan kualitas suara lossless yang sebenarnya, memungkinkan Anda menikmati pengalaman musik dengan kualitas terbaik.
1. Kualitas audio lossless: aptX Lossless menggunakan algoritma codec yang efisien untuk mengirimkan data audio dalam bentuk lossless, mempertahankan semua detail dan rentang dinamis dari audio asli, dan memberikan pengalaman mendengarkan yang sebanding dengan kualitas CD;
2. Transmisi latensi rendah: Dibandingkan dengan metode transmisi audio lossless tradisional, aptX Lossless menggunakan algoritma kompresi yang efisien untuk memungkinkan data audio ditransmisikan dengan kecepatan lebih cepat, sehingga mencapai pengalaman audio latensi rendah;
3. Pengalaman pengoperasian yang sederhana: Perangkat yang menggunakan teknologi aptX Lossless tidak memerlukan pengaturan yang rumit. Cukup hubungkan perangkat yang mendukung aptX Lossless untuk menikmati pengalaman musik menakjubkan yang dibawa oleh kualitas audio lossless.
Pemecahan masalah
1. Q: Apa yang harus dilakukan jika Xiaomi Buds 5 tidak dapat mengisi daya, menyala, atau indikator tidak menyala?
A: Earbud tidak mengisi daya atau mengisi daya tidak stabil karena penyimpanan yang lama tanpa digunakan atau kontak yang buruk antara earbud dan wadah pengisi daya (titik kontak kotor atau rusak).
Ikuti langkah-langkah berikut untuk memecahkan masalah:
1. Pastikan earbud terisi daya setidaknya selama 10 menit untuk mengaktifkannya;
2. Periksa apakah kontak pengisi daya pada earbud kotor, cekung, atau rusak; bersihkan kotoran untuk memastikan kontak yang baik dengan wadah pengisi daya;
Catatan:
Masukkan earbud ke dalam casing tiga kali untuk menguji kontak. Jika berhasil, LED akan menyala selama 1 detik saat earbud dimasukkan ke dalam casing. (Lampu hijau untuk baterai lebih dari 60%, lampu oranye sebaliknya.)
3. Tempatkan kedua earbud di wadah pengisi daya dengan penutup terbuka, lalu sambungkan ke ponsel Anda. Di APLIKASI Xiaomi Earbuds, periksa apakah ikon [Baterai] menunjukkan sambaran petir. Jika tidak ada petir, silakan hubungi pusat layanan purna jual setempat. Periksa apakah casing pengisi daya memiliki daya; Jika tidak, isi daya casing terlebih dahulu, lalu isi daya earbud. Setelah mengisi daya, coba nyalakan earbud. Jika sudah lama tidak digunakan, mereka perlu waktu untuk mengisi daya sebelum indikator menyala.
2. Q: Apa yang harus dilakukan jika casing pengisi daya tidak dapat mengisi daya saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Untuk mengatasi masalah ini, lihat langkah-langkah berikut ini:
1. Coba ganti kabel pengisi daya dan pengisi daya untuk melihat apakah dapat mengisi daya. Jika pengisian daya berfungsi setelah penggantian, masalahnya ada pada kabel atau pengisi daya;
2. Gunakan kabel pengisi daya dan pengisi daya untuk mengisi daya perangkat lain guna memverifikasi fungsinya. Jika mereka mengisi daya perangkat lain dengan benar, isi daya casing pengisi daya selama setengah jam dan amati. Jika masih tidak dapat mengisi daya, silakan hubungi pusat layanan purna jual setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Catatan:
Kompatibilitas pengisi daya juga dapat memengaruhi berfungsinya sistem pengisian daya.
3. Q: Mengapa Xiaomi Earbuds APP terkadang tidak menampilkan level baterai casing pengisi daya saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Saat earbud keluar dari wadah pengisi daya, APP hanya menunjukkan level baterai earbud. Saat earbud dimasukkan kembali ke dalam casing, APP akan menampilkan tingkat baterai earbud dan wadah pengisi daya.
4. Q: Apa yang harus dilakukan jika Xiaomi Buds 5 tidak dapat dipasangkan atau ditemukan?
A: Saat mencari Xiaomi Buds 5 di ponsel Anda, earbud juga harus dalam mode berpasangan.
Lihat metode berikut ini untuk mengatasi masalah ini:
1. Pastikan earbud memiliki baterai yang cukup terlebih dahulu. Buka wadah pengisi daya dan periksa indikatornya. Jika berwarna merah, earbud perlu diisi daya. Buka penutup casing pengisi daya untuk menahan dan tekan tombol fungsi selama 2 detik. Indikator akan berkedip terus menerus, artinya earbud dalam mode berpasangan. Coba cari Xiaomi Buds 5 di ponsel Anda untuk dipasangkan;
2. Pastikan langkah-langkah pemasangan sudah benar. Earbud akan menunggu koneksi dalam mode berpasangan. Jika tidak ada koneksi yang dibuat dalam satu menit, earbud akan memasuki mode tidur dan indikator akan mati;
3. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, coba atur ulang earbud ke pengaturan pabrik. Tempatkan kedua earbud di wadah pengisi daya, buka penutupnya, dan tekan tombol fungsi selama 10 detik. Indikator akan berkedip dan kemudian berubah menjadi putih, yang berarti reset berhasil dan masuk ke mode berpasangan. Coba pasangkan lagi;
4. Pindah ke lokasi lain karena terlalu banyak gangguan di area Anda saat ini. Gelombang elektromagnetik dapat mengganggu koneksi Bluetooth, menyebabkan tidak ada suara atau pemutusan.
Catatan:
Jika earbud sudah dipasangkan dengan satu ponsel dan perlu dipasangkan dengan ponsel baru, tekan dan tahan tombol fungsi casing pengisi daya selama 2 detik hingga lampu putih berkedip, lalu cari lagi. Saat menggunakan fitur [Koneksi ganda], aplikasi Xiaomi Earbuds hanya dapat terhubung ke satu perangkat.
5. Q: Apa yang harus dilakukan jika ponsel dapat menemukan Xiaomi Buds 5 tetapi tidak dapat terhubung?
A: Jika ponsel Anda dapat menemukan earbud tetapi tidak dapat terhubung, itu karena data Bluetooth yang tidak normal di ponsel. Coba hapus catatan koneksi sebelumnya dari telepon, lalu atur ulang earbud dengan menahan tombol fungsi selama 10 detik. Setelah itu, coba sambungkan dan sambungkan lagi.
Untuk menghapus catatan Bluetooth di telepon, silakan lihat langkah-langkah berikut:
1. Jika Anda menggunakan ponsel Android, silakan buka [Settings] (Pengaturan) >> [Bluetooth] >> tap ikon [>] di sisi kanan [Xiaomi Buds 5] >> [Unpair];
2. Jika Anda menggunakan iPhone, silakan buka [Settings] (Pengaturan) >> pilih [Xiaomi Buds 5] >> tap ikon di sebelah kanan >> [Forget This Device].
6. Q: Apa yang harus dilakukan jika Xiaomi Buds 5 tidak secara otomatis terhubung kembali setelah membuka casing?
A: Silakan lihat metode pemecahan masalah berikut:
1. Earbud diatur untuk terhubung kembali secara otomatis ke perangkat yang terakhir terhubung. Jika perangkat yang terakhir terhubung bukan ponsel Anda saat ini, setel ulang earbud dan sambungkan kembali ke ponsel Anda;
2. Pastikan ponsel berada dalam jangkauan transmisi efektif (10m) dan tidak ada penghalang antara earbud dan telepon;
3. Periksa apakah Bluetooth di ponsel Anda dihidupkan. Jika tidak, aktifkan Bluetooth secara manual;
4. Gangguan elektromagnetik di area Anda akan mengganggu koneksi Bluetooth, menyebabkan earbud gagal terhubung kembali secara otomatis. Coba pindah ke lokasi lain.
7. Q: Apa yang harus dilakukan jika suaranya rendah saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Untuk mengatasi masalah suara, berikut adalah beberapa langkah untuk memecahkan masalah:
1. Sesuaikan volume dengan menggesek area kontrol sentuh earbud;
2. Di pengaturan telepon Anda, aktifkan volume absolut, lalu sesuaikan volume menggunakan tombol volume telepon;
3. Di pengaturan APP, buka [Gestures] dan atur ketuk dua kali untuk menaikkan volume, lalu ketuk earbud untuk menyesuaikan volume;
4. Pastikan ponsel dan earbud Anda memiliki daya baterai yang cukup. Isi daya hingga penuh dan periksa lagi;
5. Setel ulang earbud dan pasangkan lagi;
6. Uji earbud dengan telepon lain. Jika masalah berlanjut, hubungi pusat layanan purna jual setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut;
7. Periksa apakah outlet suara earbud tersumbat atau ada benda asing. Jika demikian, segera bersihkan.
Catatan:
Itu normal untuk suara menjadi lebih tenang di lingkungan yang bising, seperti angin kencang atau di kereta bawah tanah.
8. Q: Apa yang harus dilakukan jika suara Xiaomi Buds 5 terputus-putus atau statis?
A: Hal ini disebabkan oleh masalah dengan musik itu sendiri atau perangkat keras, dan ikuti langkah-langkah pemecahan masalah ini:
1. Jika jarak antara ponsel dan earbud atau antara kedua earbud terlalu jauh, atau jika ada penghalang (seperti dinding) yang menghalangi sinyal, dapat menyebabkan suara berombak atau statis. Dekatkan ponsel dan earbud, dan hindari penghalang sinyal;
2. Ada gangguan sinyal di lingkungan atau sinyal telepon lemah. Coba gunakan earbud di lingkungan yang berbeda atau di mana sinyal telepon kuat untuk melihat apakah masalah berlanjut;
3. Benda terdekat dengan interferensi elektromagnetik yang kuat akan menyebabkan volume rendah. Hindari menggunakan earbud di dekat gelombang mikro, router Wi-Fi, atau sumber lain dari interferensi elektromagnetik yang signifikan;
4. Jika Anda menggunakan telepon dan sesekali mengalami dengungan saat memutar musik, dan itu hilang saat Anda menjeda musik atau memasukkan kembali earbud ke dalam wadah pengisi daya. Itu karena sistem telepon perlu diperbarui;
5. Setel ulang earbud dan mulai ulang ponsel Anda, lalu pasangkan lagi untuk melihat apakah masalah telah teratasi;
6. Pastikan earbud memiliki baterai yang cukup (di atas 30%). Uji dengan telepon lain. Jika masalah berlanjut, hubungi pusat layanan purna jual setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut.
9. Q: Mengapa Xiaomi Buds 5 terhubung tetapi tidak ada suara atau suaranya terputus-putus?
A: Untuk referensi Anda, berikut adalah beberapa alasan untuk masalah ini:
1. Earbud dapat dipengaruhi oleh interferensi elektromagnetik di area Anda, tidak menyebabkan suara;
2. Periksa pengaturan volume ponsel Anda untuk memastikannya tidak dimatikan;
3. Ponsel terlalu jauh dari earbud, melebihi jarak transmisi efektif (10m), atau hambatan menghalangi sinyal;
4. Jika telepon terhubung ke dua perangkat Bluetooth secara bersamaan, suara berasal dari perangkat kedua, meninggalkan yang pertama diam.
Untuk mengatasi masalah ini, lihat langkah-langkah berikut ini:
1. Pastikan earbud Anda tidak berada di lingkungan yang sangat mengganggu. Jauhkan mereka dari benda-benda dengan interferensi elektromagnetik yang signifikan, seperti gelombang mikro;
2. Bunyikan suara ponsel Anda dan tingkatkan volume untuk melihat apakah suara kembali normal;
3. Dekatkan ponsel dan earbud Anda atau sambungkan kembali;
4. Lepaskan earbud, masukkan kembali ke wadah pengisi daya, tutup selama 5 detik, lalu buka tutupnya dan sambungkan kembali ke telepon. Atau, putuskan sambungan telepon dari perangkat Bluetooth lainnya;
5. Jika tidak ada langkah di atas yang berhasil, coba atur ulang earbud ke pengaturan pabrik. Tempatkan kedua earbud di wadah pengisi daya dan buka penutupnya. Tekan dan tahan tombol fungsi selama 10 detik hingga indikator berkedip oranye, lalu putih, menandakan reset selesai.
10. Q: Mengapa level baterai tidak muncul di bilah notifikasi setelah menghubungkan Xiaomi Buds 5 ke telepon?
A: Metode pengaturan dan alasannya adalah sebagai berikut:
1. silakan buka [Settings] (Pengaturan) >> [Bluetooth] >> ketuk ikon [>] di sisi kanan [Xiaomi Buds 5] >> [Additional settings] >> aktifkan [Show on Notification shade];
2. Fitur tampilan level baterai di bayangan notifikasi tidak didukung oleh semua ponsel. Jika telepon Anda tidak mendukung fitur ini, level baterai tidak akan ditampilkan.
11. Q: Mengapa audio masih diputar melalui speaker meskipun Xiaomi Buds 5 terhubung?
A: Meskipun earbud terhubung ke telepon, audio dari musik, video, atau panggilan masih diputar melalui speaker. Hal ini disebabkan opsi [Media audio] tidak dipilih. Anda dapat membuka [Pengaturan] >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> mengaktifkan [Audio media] untuk menyelesaikan set ini.
Lihat metode pemecahan masalah berikut untuk mengatasi masalah suara:
1. Putuskan dan sambungkan kembali Bluetooth di pengaturan telepon untuk memulihkan fungsionalitas;
2. Matikan Bluetooth di telepon, lalu nyalakan kembali. Earbud akan berhasil terhubung kembali secara otomatis;
3. Tempatkan kedua earbud ke dalam wadah pengisi daya, dan tekan tombol kasing selama 2 detik untuk memulai pemasangan Bluetooth lagi;
4. Jika masalah berlanjut, coba reset pabrik: letakkan kedua earbud di wadah pengisi daya, dan buka penutupnya. Tekan dan tahan tombol fungsi selama 10 detik hingga indikator bergantian berkedip oranye dan putih, yang berarti reset selesai.
12. Q: Mengapa daya tahan baterai sebenarnya dari Xiaomi Buds 5 lebih pendek dari yang diiklankan?
A: Daya tahan baterai sangat bervariasi berdasarkan kebiasaan penggunaan dan faktor lingkungan, dan data yang diiklankan sesuai dengan skenario tertentu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai adalah sebagai berikut:
1. Tingkat baterai earbud yang rendah;
2. Konsumsi volume yang lebih tinggi menyebabkan pengurasan baterai lebih cepat;
3. Adanya interferensi elektromagnetik yang signifikan di sekitar earbud atau penghalang seperti dinding antara earbud dan telepon.
Untuk meningkatkan daya tahan baterai, silakan merujuk ke metode berikut:
1. Pastikan earbud terisi penuh sebelum digunakan;
2. Pertimbangkan untuk menurunkan volume untuk memperpanjang waktu penggunaan;
3. Hindari menggunakan earbud di dekat benda dengan interferensi elektromagnetik yang kuat, seperti gelombang mikro, dan pastikan tidak ada penghalang antara earbud dan telepon.
Data pengujian yang diperoleh dari laboratorium Xiaomi menunjukkan bahwa dalam kondisi lingkungan yang sebenarnya, ada variasi karena gangguan sinyal dan gangguan elektromagnetik, yang dianggap normal. Misalnya, dalam skenario uji ketahanan pemutaran musik: dengan earbud terisi penuh, peredam bising aktif dan pelacakan kepala dimatikan, volume diatur pada 50%, dan menggunakan format AAC, earbud dapat mencapai hingga 6,5 jam waktu pemutaran musik.
13. Q: Apa yang harus dilakukan jika earbud kiri dan kanan Xiaomi Buds 5 memiliki masalah sinkronisasi audio?
A: Ikuti langkah-langkah berikut untuk memecahkan masalah:
1. Sambungkan kembali earbud dan uji apakah sinkronisasi audio antara earbud kiri dan kanan meningkat;
Catatan:
Untuk menyambungkan kembali earbud, letakkan kembali ke wadah pengisi daya dan tutup. Buka kasing dan keluarkan lagi.
2. Pasangkan earbud dengan Xiaomi Earbuds APP untuk memeriksa pembaruan firmware;
Catatan:
Anda dapat menemukan versi firmware saat ini di bagian bawah layar detail perangkat.
3. Setel ulang earbud, lalu sambungkan kembali dan uji lagi untuk memastikan sinkronisasi audio antara earbud kiri dan kanan diperbaiki.
14. Q: Apa yang harus dilakukan jika satu earbud tidak bersuara setelah Xiaomi Buds 5 terhubung ke telepon?
A: Faktor tentang satu earbud yang tidak memiliki suara adalah sebagai berikut:
1. Kontak yang buruk dengan satu earbud menyebabkan pemasangan Bluetooth hanya mengenali satu sisi;
2. Baterai lemah menyebabkan earbud mati;
3. Penyumbatan di outlet suara earbud;
4. Potensi kerusakan air atau keringat yang menyebabkan korsleting atau malfungsi.
Untuk mengatasi masalah ini, lihat berikut ini:
1. Tempatkan kembali earbud ke dalam wadah pengisi daya untuk memastikan indikator wadah pengisi daya menyala saat dimasukkan, lalu pasangkan kembali melalui Bluetooth;
2. Jika karena baterai lemah, pastikan earbud memiliki kontak yang baik, isi daya dalam casing selama 10 menit, lalu pasangkan kembali melalui Bluetooth;
3. Periksa dan bersihkan kotoran dari outlet suara earbud;
4. Setel ulang earbud dengan menempatkannya di wadah pengisi daya, buka casing, dan tekan tombol bawah wadah pengisi daya selama 10 detik hingga indikator menyala, yang menghapus catatan pemasangan. Kemudian lanjutkan untuk memasangkan kembali earbud.
Jika masalah berlanjut, pertimbangkan untuk menghubungi pusat layanan purna jual setempat untuk bantuan lebih lanjut.
15. Q: Bisakah memakai Xiaomi Buds 5 menyebabkan alergi? Apa yang harus dilakukan jika mengalami reaksi merugikan seperti peradangan?
A: Earbud telah menjalani pemeriksaan ketat untuk zat berbahaya dan dirancang untuk tidak mempengaruhi tubuh manusia. Saat menggunakan earbud, harap hindari pemakaian yang lama (seperti memakainya saat tidur) dan jaga kebersihannya. Cegah ketidaknyamanan, peradangan, atau dugaan alergi yang disebabkan oleh keringat atau residu kotoran setelah dipakai.
Kondisi berikut dapat menyebabkan alergi:
1. Keausan yang berkepanjangan menyebabkan kurangnya ventilasi dan residu keringat di earbud;
2. Akumulasi kotoran di earbud karena kurangnya pembersihan yang berkepanjangan, yang menyebabkan dugaan gejala alergi;
3. Jika ketidaknyamanan parah, peradangan, atau gejala alergi terjadi setelah dipakai, disarankan untuk berhenti menggunakan earbud dan segera berkonsultasi dengan dokter.
Jika hanya sedikit gatal terjadi, silakan lihat rekomendasi berikut untuk memakai:
1. Setelah memakai earbud selama aktivitas fisik, periksa keringat di earbud dan bersihkan sebelum menyimpannya di dalam casing;
2. Periksa earbud, ujung telinga, dan wadah pengisi daya secara teratur apakah ada kotoran dan segera bersihkan jika ditemukan;
3. Lepaskan earbud setelah penggunaan jangka panjang dan biarkan telinga Anda beristirahat selama sekitar setengah jam untuk mengurangi kelelahan telinga;
4. Setelah mandi, pastikan telinga Anda kering sebelum memakai earbud lagi.
16. Q: Mengapa musik dilanjutkan setelah melepas satu earbud saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Earbud menggunakan sensor yang terletak di bagian atas dan bawah rongga telinga untuk mendeteksi apakah sedang dipakai. Jika jari atau telapak tangan Anda menutupi area sensor ini saat Anda melepas earbud, itu mensimulasikan pemakaian earbud dan memicu musik untuk melanjutkan pemutaran.
17. Q: Mengapa peredam bising tidak merespons setelah memakai Xiaomi Buds 5?
A: Masalah ini muncul jika earbud menjadi longgar saat digunakan, menyebabkan peredam bising mati. Menyesuaikan dan memakai earbud dengan aman lagi akan memungkinkan Anda mencoba lagi mengaktifkan peredam bising.
18. Q: Mengapa peredam bising terkadang tidak berfungsi dengan baik saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Untuk mengatasi peredam bising yang tidak berfungsi dengan baik, silakan lihat metode berikut:
1. Pertama, efektivitas pembatalan kebisingan aktif (ANC) bergantung pada pemasangan earbud yang ketat. Saat earbud dipakai dengan pas, ANC bekerja lebih baik;
Catatan:
Xiaomi Buds 5 adalah earbud semi in-ear, sehingga efektivitas peredam bisingnya relatif lebih lemah dibandingkan dengan earbud yang tertutup rapat, yang merupakan fenomena normal.
2. Kedua, earbud memiliki fitur adaptive noise cancellation, yang efektif mengurangi kebisingan frekuensi rendah seperti yang ditemukan di pesawat terbang, kereta api, dan kereta bawah tanah. Namun, itu tidak secara signifikan mengurangi suara frekuensi tinggi seperti klakson mobil atau suara manusia karena pertimbangan keamanan. Jika Anda menemukan efek peredam bising pada lingkungan sekitar tidak terlihat jelas selama penggunaan, harap sesuaikan sudut dan kecocokan earbud agar pas.
19. Q: Mengapa peredam bising bervariasi antara lingkungan kereta bawah tanah dan bus saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Alasannya adalah sebagai berikut:
1. Alasan utamanya adalah karena earbud menjadi longgar selama gerakan dan getaran dalam skenario seperti itu (naik kereta bawah tanah dan bus), yang umum untuk earbud semi in-ear seperti Xiaomi Buds 5. Jika Anda mengalami masalah ini, lepaskan earbud. Ubah posisinya dan sesuaikan kecocokannya untuk memastikan earbud kiri dan kanan pas di telinga Anda secara konsisten;
2. Xiaomi Buds 5 menampilkan algoritma ANC adaptif terbaru dari Qualcomm, yang menyediakan pengoptimalan untuk skenario seperti itu.
20. Q: Mengapa suara dentuman terus menerus terjadi di Xiaomi Buds 5 saat mengemudi dengan jendela mobil terbuka?
A: Hal ini disebabkan oleh fluktuasi kebisingan angin yang disebabkan oleh pembukaan jendela mobil atau suara gemuruh dari mengemudi di atas permukaan yang tidak rata, yang mempengaruhi sistem peredam bising earbud. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini melalui pembaruan OTA pada perangkat lunak earbud. Harap tetap diperbarui dengan pemberitahuan dari APLIKASI Earbud Xiaomi dan perbarui segera.
Catatan:
Masalah ini terjadi pada sebagian besar earbud peredam bising kedalaman tinggi. Beberapa earbud akan mengurangi peredam bising untuk mengurangi kebisingan listrik parah yang disebabkan oleh mengemudi berkecepatan tinggi. Di lingkungan yang sama, Anda akan dengan jelas mendengar gemuruh roda di tanah di dalam earbud. Untuk menyeimbangkan efektivitas peredam bising dan meningkatkan pengalaman penggunaan, penyesuaian terus dilakukan antara peredam bising dan jenis kebisingan ini.
21. Q: Mengapa suara angin kadang-kadang terdengar di Xiaomi Buds 5 tetapi menghilang setelah beberapa detik, dengan pembatalan kebisingan aktif menjadi kurang efektif?
A: Earbud memiliki algoritme pengurangan kebisingan angin. Ketika angin kencang terus menerus berdampak pada earbud, mereka memasuki mode pengurangan kebisingan angin setelah sekitar 5 detik. Suara angin menghilang, namun, pembatalan kebisingan menjadi kurang efektif karena earbud menyesuaikan algoritma mikrofon untuk meminimalkan kebisingan angin. Dampak kebisingan angin kencang lebih signifikan daripada sedikit pengurangan efektivitas pembatalan kebisingan aktif. Kami akan terus mengoptimalkan kebisingan angin berdasarkan umpan balik.
22. Q: Mengapa suara angin di Xiaomi Buds 5 terkadang hilang setelah beberapa detik, tetapi di lain waktu tidak?
A: Algoritme earbud menetapkan batas logika berdasarkan kontinuitas dan intensitas angin. Ini mencegah earbud memasuki mode pengurangan kebisingan angin karena hembusan singkat atau angin dalam ruangan kecil dari AC, yang dapat berdampak negatif pada pengalaman ANC. Kami akan terus mengoptimalkan kebisingan angin berdasarkan umpan balik. Pengurangan kebisingan angin saat ini terutama untuk skenario luar ruangan, seperti mengendarai sepeda dalam angin kencang atau mengemudi dengan jendela terbuka.
23. Q: Mengapa daya tahan baterai Xiaomi Buds 5 terkadang bertahan kurang dari 3 jam, tetapi di lain waktu hingga 6 jam?
A: Hal ini terutama disebabkan oleh fitur lossless aptX, yang melibatkan transmisi bit-rate tinggi. Ketika fitur ini dikombinasikan dengan pembatalan kebisingan aktif dan audio spasial, konsumsi daya earbud mencapai puncaknya, menghasilkan sekitar 3 jam masa pakai baterai. Mematikan fitur yang tidak sering digunakan dapat meningkatkan masa pakai baterai.
24. Q: Mengapa adaptive noise cancellation terkadang tidak mengalami pengurangan kebisingan yang dalam di stasiun kereta bawah tanah atau bus saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Peredam bising adaptif bekerja dengan mengumpulkan data dari waktu ke waktu dari lingkungan dan menggunakan algoritma kompleks untuk menentukan mode peredam bising. Karena kebisingan mencakup frekuensi ultra-rendah, rendah, dan menengah, beberapa lingkungan tidak memenuhi ambang batas untuk mengaktifkan pengurangan kebisingan yang dalam. Ini juga membantu mencegah sering beralih, yang dapat menyebabkan pengalaman buruk. Kami juga akan memperhatikan umpan balik di bidang ini dan terus meningkatkan algoritma. Untuk mempertahankan mode peredam bising tertentu, buka APP Xiaomi Earbuds dan atur mode peredam bising secara manual ke peredam bising yang dalam.
25. Q: Mengapa peredam bising adaptif tidak beralih ke pengurangan kebisingan yang dalam pada Xiaomi Buds 5 ketika orang tiba-tiba berkumpul di kantor atau mal?
A Fungsi peredam bising adaptif dengan mengumpulkan data dari waktu ke waktu dan menggunakan algoritme kompleks untuk membuat keputusan. Peredam bising adaptif terutama menargetkan kebisingan frekuensi rendah, sementara peredam bising pasif melalui ujung telinga memblokir suara frekuensi tinggi seperti suara manusia. Kami juga akan memperhatikan umpan balik di bidang ini dan terus meningkatkan algoritma. Untuk mempertahankan mode peredam bising tertentu, buka APP Xiaomi Earbuds dan atur mode peredam bising secara manual ke peredam bising yang dalam.
26. Q: Mengapa efek peredam bising dari Xiaomi Buds 5 berubah saat naik kereta bawah tanah?
A: Efek peredam bising berubah karena kereta bawah tanah menghasilkan kebisingan yang signifikan selama operasi. Earbud memiliki fitur peredam bising adaptif yang beralih ke peredam bising yang kuat di lingkungan seperti itu. Saat kereta bawah tanah berhenti, tingkat kebisingan akan mencapai ambang keseimbangan, menyebabkan earbud beralih ke mode keseimbangan. Perilaku ini normal dan tidak menunjukkan kegagalan fungsi fitur peredam bising.
27. Q: Saat menggunakan Xiaomi Buds 5, mengapa suara bergeser ke samping saat kepala diputar 90 derajat dan kemudian berbaring saat menggunakan audio spasial, dan tidak kembali ke posisi depan semula saat kepala diputar ke belakang?
A: Untuk menghindari inkonsistensi dengan sudut awal saat fitur diaktifkan, fungsi audio spasial menetapkan arah yang Anda hadapi sebagai bagian depan baru setelah Anda mempertahankan posisi tersebut selama 10 detik. Jika suara tidak sejajar kembali dengan posisi depan asli setelah Anda menoleh ke belakang, diamkan kepala Anda selama 10 detik, dan itu akan mengatur ulang posisi depan.
28. Q: Mengapa suara tidak mengikuti saat memutar kepala segera setelah mengaktifkan audio spasial, dan suara bergeser ke arah kepala berputar bahkan ketika memutar kembali dengan cepat pada Xiaomi Buds 5?
A: Saat audio spasial diaktifkan di ponsel Anda, perintah akan dikirim ke earbud, yang membutuhkan waktu sekitar satu detik untuk diproses. Efek yang dijelaskan akan terjadi jika Anda menoleh dengan cepat selama inisialisasi ini. Untuk menghindari hal ini, tunggu 1-2 detik setelah mengaktifkan audio spasial sebelum menoleh. Kami sedang mengerjakan peningkatan perangkat lunak, dan pembaruan OTA di masa mendatang akan mengurangi penundaan ini.
29. Q: Mengapa efek bass terasa lemah saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Xiaomi Buds 5 adalah earbud semi in-ear, dan efek bass tergantung pada seberapa erat mereka pas di telinga Anda.
Untuk meningkatkan bass, silakan baca yang berikut ini:
1. Sesuaikan earbud agar pas di telinga Anda;
2. Ubah pengaturan suara di APP untuk meningkatkan bass;
3. Xiaomi Buds 5 memiliki algoritma suara adaptif yang secara otomatis menyesuaikan suara berdasarkan kecocokan.
30. Q: Apa yang harus dilakukan jika ada celah besar antara bagian atas dan bawah casing pengisi daya pada Xiaomi Buds 5?
A: Celah antara bagian atas dan bawah casing pengisi daya adalah fitur desain yang disengaja untuk mengakomodasi pergerakan komponen casing. Celah ini tidak memengaruhi kinerja earbud, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan percaya diri.
31. Q: Mengapa audio beralih dari Xiaomi Buds 5 ke speaker telepon saat menjawab panggilan di telepon dan pada saat yang sama menghadiri konferensi video di komputer dengan koneksi ganda?
A: Masalah ini disebabkan oleh ketidakcocokan dengan perangkat lunak konferensi video di komputer. Saat menjawab panggilan di telepon, perangkat lunak konferensi video mengambil alih, menyebabkan audio panggilan telepon beralih ke speaker telepon. Ini bukan masalah earbud. Dalam skenario serupa, menggunakan perangkat lunak perkantoran lainnya tidak menyebabkan audio beralih dari earbud ke speaker telepon.
32. Q: Mengapa deteksi in-ear terkadang tidak berfungsi saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Faktor-faktor tentang deteksi in-ear terkadang tidak berfungsi adalah sebagai berikut:
1. Jika earbud dilepas selama lebih dari 2 menit saat musik diputar, deteksi in-ear tidak akan berfungsi saat dipakai kembali. Ini memang disengaja;
2. Jika musik dijeda dengan menyentuh area sentuh pada earbud, deteksi in-ear tidak akan berfungsi saat earbud dipakai kembali. Pengaturan ini sengaja dirancang dengan cara ini.
Untuk memulihkan fungsionalitas, silakan lihat yang berikut ini:
1. Tempatkan kembali earbud di wadah pengisi daya, tutup penutupnya, tunggu selama 5 detik, lalu buka tutupnya dan sambungkan kembali;
2. Jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, coba atur ulang earbud ke pengaturan pabrik: Tempatkan kedua earbud di wadah pengisi daya, buka penutupnya, tekan dan tahan tombol fungsi selama 10 detik hingga indikator berkedip oranye secara bergantian, lalu berkedip putih. Ini menyelesaikan reset pabrik.
33. Q: Apakah Xiaomi Buds 5 mendukung volume absolut?
A: Secara default, volume earbud disinkronkan dengan volume perangkat.
Jika Anda ingin mengaktifkannya, Anda dapat membuka [Pengaturan] >> [Bluetooth] >> [Xiaomi Buds 5] >> [Audio] >> mengaktifkan [Volume absolut] untuk menjaga volume earbud dan ponsel Anda tetap konsisten.
34. Q: Mengapa Xiaomi Buds 5 bocor mengeluarkan suara saat dipakai?
A: Earbud dirancang dengan struktur semi in-ear untuk memberikan kenyamanan dan pemasangan yang relatif longgar. Desain ini memungkinkan Anda untuk tetap waspada terhadap suara sekitar sambil menikmati musik atau panggilan, yang pasti menyebabkan kebocoran suara. Fenomena ini dianggap normal.
35. Q: Mengapa baterai cepat habis dan daya tahan baterai pendek saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Jika earbud Anda memiliki daya tahan baterai yang pendek, ikuti langkah-langkah ini untuk memecahkan masalah:
1. Pastikan earbud terisi penuh sebelum digunakan jika level baterai rendah;
2. Volume earbud yang lebih tinggi mempercepat konsumsi baterai, jadi sesuaikan volume dengan tepat;
3. Penggunaan di lingkungan dengan interferensi elektromagnetik yang kuat atau jarak atau hambatan yang signifikan antara earbud dan ponsel juga dapat mempercepat pengurasan baterai. Cobalah untuk menghindari kedekatan dengan sumber interferensi elektromagnetik seperti oven microwave, dan pastikan ada jarak yang sesuai dan tidak ada penghalang antara earbud dan telepon;
4. Daya tahan baterai earbud sangat tergantung pada kebiasaan penggunaan. Angka ketahanan baterai yang diiklankan sesuai dengan skenario tertentu (seperti ANC on/off, format musik, dll.). Ini harus digunakan untuk referensi saja.
36. Q: Setelah menutup casing Xiaomi Buds 5, ponsel awalnya menunjukkan terhubung (tanpa transmisi sinyal telepon atau media), kemudian menunjukkan terputus. Mengapa?
A: Masalah ini terjadi karena earbud dan telepon menggunakan layanan koneksi Bluetooth yang berbeda (A2DP dan HFP). Ini akan mengarah pada fenomena yang diamati. Namun, ini tidak memengaruhi fungsionalitas pelepasan earbud. Anda dapat terus menggunakannya tanpa khawatir.
37. Q: Apakah sistem iOS mendukung fitur quick capture dengan gestur saat menggunakan Xiaomi Buds 5?
A: Sistem iOS tidak mendukung pengambilan cepat dengan gerakan. Fitur ini hanya tersedia saat terhubung ke ponsel sistem Xiaomi HyperOS.
38. Q: Panggilan suara virtual datang ke PC selama panggilan di telepon saat berada di bawah koneksi ganda pada Xiaomi Buds 5. Mengapa telepon tidak menerima panggilan?
A: Ini karena protokol Bluetooth untuk panggilan suara virtual di PC dan panggilan telepon berbeda. Panggilan virtual PC tidak memberi tahu telepon, sehingga telepon tidak akan terus menahan panggilan.
39. Q: Mengapa fitur deteksi in-ear pada Xiaomi Buds 5 sering gagal berfungsi, dan terkadang musik tidak berhenti saat earbud dilepas?
A: Masalah ini dapat timbul karena keringat atau residu oli di dalam area deteksi earbud. Residu semacam itu dapat mengganggu keakuratan sinyal deteksi, menyebabkannya gagal mengenali saat earbud dilepas. Anda dapat mengatasinya dengan menyeka area deteksi earbud dengan tisu untuk memastikannya kering sebelum digunakan.
40. Q: Saat menggunakan tombol Xiaomi Buds 5 untuk mengaktifkan Asisten Google, mengapa terkadang gagal mengenali ucapan dengan benar?
A: Fungsi ini bervariasi antara desain telepon yang berbeda. Beberapa ponsel mengandalkan mikrofon earbud untuk input, yang kadang-kadang dapat mengakibatkan penundaan hingga 0,5 detik sebelum mengambil suara, yang menyebabkan pengenalan ucapan yang salah. Untuk meningkatkan akurasi pengenalan, tunggu setengah detik setelah melihat antarmuka Asisten Google muncul sebelum berbicara.
41. Q: Mengapa audio lebih keras di satu telinga daripada yang lain saat menggunakan Xiaomi Buds 5 saat mendengarkan musik atau menonton video?
A: Faktor-faktor tentang masalah ini adalah sebagai berikut:
1. Xiaomi Buds 5 adalah earbud semi in-ear. Menyesuaikan posisi awal earbud kiri dan kanan diperlukan untuk memastikannya pas dan sama di kedua telinga;
2. Xiaomi Buds 5 mendukung audio dimensi dan pelacakan kepala. Pastikan fungsi suara imersif audio dimensi dimatikan;
3. Coba beralih ke lagu atau video lain untuk menyingkirkan masalah dengan sumber audio perangkat;
4. Periksa apakah ada kotoran atau penyumbatan di lubang speaker. Gunakan sikat untuk membersihkannya, yang akan mengembalikan tingkat volume normal di earbud.
42. Q: Setelah menghubungkan Xiaomi Buds 5 ke telepon, earbud sebentar-sebentar memutuskan dan menghubungkan kembali tanpa tindakan apa pun. Bagaimana cara menangani masalah ini?
A: Ini menunjukkan bahwa earbud telah dimulai ulang secara tidak terduga. Untuk mengatasinya, lakukan reset pabrik pada earbud: Tempatkan kedua earbud ke dalam wadah pengisi daya dan biarkan casing tetap terbuka. Tahan dan tekan tombol fungsi selama 10 detik hingga indikator menyala. Indikator akan berkedip putih untuk menunjukkan reset selesai. Setelah mengatur ulang, pasangkan kembali earbud dengan perangkat Anda. Selain itu, masalah ini telah diatasi dalam pembaruan perangkat lunak terbaru. Pastikan Anda memperbarui ke versi terbaru melalui APP Earbud Xiaomi untuk meningkatkan pengalaman Anda.
43. Q: Mengapa ketika beralih dari menggunakan satu earbud untuk panggilan ke menggunakan yang lain di Xiaomi Buds 5, tidak ada suara?
A: Tempatkan kedua earbud kembali ke wadah pengisi daya, tutup penutupnya, lalu buka untuk menyambungkan kembali. Masalah ini telah diatasi di versi terbaru. Pastikan Anda memperbarui ke versi terbaru melalui APP Earbud Xiaomi untuk meningkatkan pengalaman Anda.
44. Q: Mengapa Xiaomi Buds 5 tidak dapat masuk ke mode pairing?
A: Jika menahan dan menekan tombol fungsi tidak memulai pemasangan dan indikator tidak berkedip putih terus menerus, coba tutup tutupnya selama 5 detik, lalu buka lagi dan coba pasangkan sekali lagi.
45. Q: Apa yang harus dilakukan fitur quick capture tidak dapat diaktifkan dengan menahan dan menekan tombol Xiaomi Buds 5?
A: Jika Anda mengalami masalah ini, coba hapus perangkat yang dipasangkan sebelumnya yang tidak lagi digunakan dari telepon Anda. Jika ponsel Anda memiliki lebih dari 7 perangkat yang dipasangkan, itu akan mencegah fitur pengambilan cepat beroperasi.
46. Q: Mengapa ponsel tidak meminta jendela Google Fast Pair saat memainkan game lanskap dengan Xiaomi Buds 5 dalam mode berpasangan?
A: Ini karena desain ponsel. Jendela Google Fast Pair akan muncul saat game keluar ke latar belakang. Disarankan untuk memasangkan earbud dalam skenario non-game atau mengalihkan game ke latar belakang untuk dipasangkan.
47. Q: Mengapa nama kembali ke default setelah mengganti nama Xiaomi Buds 5 di telepon dan kemudian melepas pemasangan dan menghubungkan kembali?
A: Perilaku ini adalah bagian dari desain Google Fast Pair. Jika pemasangan dibatalkan, nama akan kembali ke default. Harap ganti namanya lagi setelah koneksi ulang.