KETENTUAN PENGEMBALIAN PRODUK XIAOMI INDONESIA

Syarat dan Ketentuan Pengembalian Produk ini (selanjutnya disebut "S&K" atau "Ketentuan") mengatur mengenai persyaratan dan panduan atas klaim layanan pengembalian Produk yang disediakan oleh Xiaomi Indonesia (“Xiaomi”, “kami” or “kita”) kepada Pengguna.

 

S&K ini hanya berlaku untuk Produk yang telah dibeli oleh Pengguna secara langsung dari www.mi.co.id dan saluran penjualan resmi lainnya dari Xiaomi Indonesia dalam cakupan wilayah negara Indonesia. Tidak berlaku untuk Produk yang dibeli di luar negara Indonesia, kecuali berlaku garansi internasional terhadap Produk tersebut.

Mohon menyimpan dengan baik kartu garansi dan faktur pembelian yang valid sebagai jaminan dasar atas hak garansi Anda yang dapat diklaim kepada Xiaomi.


Syarat dan Ketentuan Garansi Produk

Pengguna dapat mengajukan permintaan Pengembalian Produk pada kondisi - kondisi tertentu yang diatur dalam S&K ini. Selain Pengembalian Produk, Pengguna juga berhak mengajukan permintaan Pengembalian Uang terbatas hanya dalam kondisi berikut ini:

 

Pengembalian Uang:

Pengembalian Uang hanya dapat dilakukan dalam hal terdapat kesalahan pemasangan harga ataupun harga promosi yang ditampilkan pada situs www.mi.co.id dan saluran penjualan resmi lainnya dari Xiaomi Indonesia.

Dalam kondisi ini, Xiaomi akan memberikan Pengembalian Uang dengan nominal sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan oleh Pengguna. Selain dari kondisi tersebut, pengajuan Pengembalian Uang atas Produk tidak berlaku.


Pengembalian Produk:

Berikut ini ketentuan yang harus diperhatikan oleh Pengguna untuk mengajukan Pengembalian Produk


1. Jangka Waktu Pengembalian Produk

a. Jangka Waktu yang dimiliki oleh Pengguna untuk mengajukan pengembalian atas Produk cacat atau rusak yang terbatas disebabkan oleh proses pengiriman dan/atau produksi, untuk mendapat perbaikan dan/atau penggantian unit oleh Xiaomi adalah 15 (lima belas) hari kalender sejak tanggal pembelian.

b. Apabila Pengguna tidak mengirimkan Produk beserta kelengkapan pengajuan Pengembalian Produk sesuai panduan dan ketentuan pada S&K ini kepada Xiaomi dalam waktu 15 (lima belas) hari kalender sejak tanggal pengajuan Pengembalian Produk, maka pengajuan tersebut akan dianggap batal dan hangus.

 

2. Kelengkapan Pengajuan Pengembalian Produk

a. Bukti Dokumentasi Foto dan Video Unboxing: Untuk memenuhi syarat perbaikan atau penggantian atas unit Produk yang cacat terbatas, Pengguna harus melengkapi bukti foto dan video proses membuka box kemasan pengiriman (unboxing) sebagai dasar pembuktian atas pengajuan Pengembalian Produk yang akan dipertimbangkan oleh Xiaomi.

 

b. Form Inspeksi: Untuk mengajukan Pengembalian Produk, Pengguna harus melengkapi Form Inspeksi. Pengguna dapat memperoleh Form Inspeksi di Service Center resmi dengan membawa kelengkapan berikut ini:

(i) Produk

(ii) Box

(iii) Kartu garansi

(iv) Faktur pembelian yang valid

Pengguna dapat menghubungi Pusat Layanan Konsumen di 00180300650029 (telepon bebas biaya) dan kontak lainnya yang tersedia pada www.mi.co/id/support untuk panduan dan informasi lebih lanjut.


3. Pertanggungjawaban Pengguna atas Data Pribadi

a. Xiaomi berkomitmen untuk menghormati privasi atas data pribadi Pengguna. Sebelum mengajukan Pengembalian Produk, Pengguna harus memastikan bahwa Pengguna sudah melakukan back up atau menyimpan seluruh data pribadi dan menghapus seluruh informasi sebelum mengembalikan Produk kepada Xiaomi. Untuk Produk yang mensyaratkan Pengguna untuk masuk (log in) ke akun Xiaomi, Pengguna juga harus keluar (log out) dari akun Xiaomi tersebut sebelum mengajukan.

 

b. Xiaomi tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang timbul dari kehilangan atau bocornya data pribadi Pengguna atau informasi pada Produk yang disebabkan oleh kegagalan Pengguna untuk memastikan penyimpanan atau penghapusan tersebut.


4. Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman atas Pengembalian Produk akan ditanggung oleh Xiaomi, kecuali dalam hal diketahui berdasarkan hasil inspeksi dari Xiaomi bahwa Produk milik Pengguna termasuk dalam kategori yang dikecualikan dari jaminan garansi, maka Produk akan dikirimkan kembali ke alamat Pengguna dan biaya pengiriman akan dibebankan kepada Pengguna.


5. Kondisi yang Tidak Berlaku untuk Pengembalian Produk

Pengguna tidak dapat mengembalikan Produk dalam kondisi berikut ini:

a. Produk yang tidak dibeli dari www.mi.co.id dan saluran penjualan resmi lainnya dari Xiaomi Indonesia.

b. Produk dengan label nomor seri, model pabrikan, dan/atau label garansi yang hilang, rusak, dimodifikasi, atau tidak dapat dibaca.

c. Produk yang telah melewati batas waktu masa garansi.

d. Produk telah melewati Jangka Waktu Pengembalian Produk. Pengguna tidak dapat mengajukan Pengembalian Produk kepada Xiaomi, namun Pengguna masih dapat mengajukan perbaikan atas Produk sesuai masa garansi yang berlaku pada unit Produk. Informasi lebih lanjut terkait lingkup dan pilihan garansi Xiaomi dapat diakses melalui https://www.mi.co.id/id/support/warranty/.

e. Produk yang dikembalikan tanpa seluruh kelengkapan awal beserta aksesorisnya, termasuk namun tidak terbatas pada kotak penjualan, buku petunjuk, kabel-kabel, dan seluruh kelengkapan lainnya yang terdapat dalam box Produk. Permintaan pengembalian Produk yang diterima dalam kondisi tidak lengkap akan ditolak.

f. Produk yang menunjukan kerusakan fisik akibat penggunaan yang tidak benar (misalnya terjatuh, tertekan, terkena cairan, dll). Pengecualian dalam kondisi ini yaitu apabila Pengguna menerima Produk dalam kondisi cacat, rusak, atau salah sejak awal pembelian. Dalam kondisi ini, Pengguna dapat menghubungi Pusat Layanan Konsumen untuk panduan lebih lanjut. Kondisi ini tidak termasuk dalam kategori pengajuan Pengembalian Produk.

g. Produk yang menunjukan kerusakan fisik dan malfungsi akibat bencana yang tidak dapat dihindari (misalnya banjir, kebakaran, gempa, petir, dan kecelakaan lalu lintas).

h. Produk yang menunjukan kerusakan akibat Pengguna tidak menggunakan dan memelihara Produk sesuai dengan petunjuk penggunaan, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan pada suhu ekstrem, penggunaan aksesori tidak resmi, dll.

i. Produk yang menunjukan kerusakan alami akibat pemakaian sehari-hari (termasuk namun tidak terbatas pada casing, tombol, layar, aksesoris, dll.).

j. Produk yang menunjukkan kerusakan akibat pembongkaran dan/atau perbaikan di luar Service Center resmi dari Xiaomi Indonesia, melakukan modifikasi, melakukan rooting, dan penggunaan unit yang tidak benar.

k. Produk yang terbukti dirusak, disesuaikan, atau dimodifikasi dengan cara apapun.

l.  Produk konsumsi yang telah dibuka (contoh: handuk, sikat gigi, dll).

m.  Produk yang mengalami gagal fungsi akibat aksesoris (anti gores, casing pelindung, dll). Produk dalam kondisi ini tidak dapat dijadikan alasan pengembalian Produk untuk mendapat penggantian unit.

n. Produk yang mengalami malfungsi akibat gangguan perangkat lunak (software). Dalam kondisi ini, Xiaomi hanya akan memperbaiki instalasi perangkat lunak (software) pada unit Produk milik Pengguna namun tidak melakukan penggantian Produk dengan unit baru.

o. Produk tidak tersedia.
Apabila Xiaomi tidak lagi menjual Produk yang diajukan untuk Pengembalian Produk, atau jika stok produk tersebut tidak tersedia, Xiaomi akan mengirimkan model dan tipe Produk lain yang setara ke Pengguna berdasarkan kebijakan Xiaomi.


PROSES PENGEMBALIAN PRODUK XIAOMI

Proses Pengembalian Produk Xiaomi yang dibeli melalui www.mi.co.id dan saluran penjualan resmi lainnya dari Xiaomi Indonesia:

  1. Hubungi Customer Service Support melalui kontak yang dapat diakses pada www.mi.co/id/support

  2. Kunjungi Service Center resmi untuk dilakukan pengecekan kondisi perangkat dengan membawa produk, box, kartu garansi, dan faktur pembelian yang valid

  3. Pengguna akan mendapatkan Form Inspeksi (inspection form) dari Service Center untuk dilengkapi sebagai syarat pengajuan Pengembalian Produk

  4. Saat proses pengemasan Produk, lampirkan Form Inspeksi dan ambil dokumentasi (foto dan video). Simpan hasil dokumentasi tersebut untuk dijadikan bukti pengajuan Pengembalian Produk hingga proses pengajuan selesai

  5. Kurir ekspedisi akan menjemput paket yang sudah dikemas oleh Pengguna ke pihak logistik untuk dilakukan pengiriman ke Mail in Center

  6. Mail in Center akan melakukan inspeksi dan pemeriksaan lebih lanjut atas perangkat yang dikirimkan