Keranjang ( 0 )
Keranjang Anda kosong
Subtotal ()
Rp
Lanjut ke pemesanan
Beranda > Layanan > Approval

Service Approval

Kebijakan Layanan

Kebijakan Layanan PT Xiaomi Communications Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa portal web www.mi.co.id serta aplikasinya dan situs ponsel (mobile website) agar perusahaan retail Xiaomi di Indonesia dapat menjual produknya, selanjutnya disebut “XCI”.

Anda adalah pihak yang menggunakan jasa mi.co.id, termasuk namun tidak terbatas pada pengunjung, pembeli, penerima dan atau penandatangan tanda terima pengiriman Produk yang dalam pengendalian Anda, selanjutnya disebut “Anda”.

Untuk alasan keamanan dan kenyamanan, dibuatlah Kebijakan Layanan ini yang mengatur hak dan kewajiban XCI dan Anda. Anda disarankan untuk membaca dan memahami dengan teliti Kebijakan Layanan ini karena dapat berdampak pada hak dan kewajiban Anda sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Dengan mengakses, mendaftar, menggunakan dan atau melakukan transaksi di mi.co.id, maka Anda dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui semua isi Kebijakan Layanan ini serta secara otomatis mengikat antara Anda dan XCI. JIKA ANDA TIDAK SETUJU DENGAN SALAH SATU, SEBAGIAN ATAU SELURUH KEBIJAKAN LAYANAN INI, MAKA ANDA DIPERSILAHKAN UNTUK TIDAK MENDAFTAR DAN ATAU TIDAK MELAKUKAN TRANSAKSI DI MI.CO.ID.

I. Definisi

  1. Kebijakan Layanan adalah perjanjian antara Anda dan XCI ini yang mengatur hak serta kewajiban Anda dan XCI yang berkaitan dengan mi.co.id.
  2. Produk adalah benda berwujud yang berupa produk Xiaomi, yang dapat dikirimkan oleh perusahaan penyedia jasa transportasi.
  3. Hari Sabtu/Minggu/Libur Nasional adalah hari dimana kantor pusat bank nasional di Indonesia tidak melakukan kegiatannya.
  4. Pembeli adalah pengguna situs mi.co.id yang telah terdaftar dan telah melakukan pemesanan serta pembayaran atas Produk yang dijual.
  5. Penjual adalah perusahaan retail atas Produk Xiaomi.

II. Sistem Layanan

  1. Sistem mi.co.id berjalan selama 24 jam dan 7 hari seminggu, sehingga Anda dapat melakukan pemesanan dan pembelian kapanpun dan dimanapun dengan mengakses internet. Namun, untuk setiap pemesanan dan atau pembayaran di Hari Sabtu/Minggu/Libur Nasional dan atau setelah jam 18:00 waktu Jakarta, proses konfirmasi dan atau pengiriman akan dilakukan pada hari kerja berikutnya.
  2. Selama jam operasional, layanan konsumen mi.co.id dapat dihubungi melalui Live Chat, Telepon, dan Email dari jam 09:00 – 18:00 waktu Jakarta (Senin hingga Minggu).
  3. Jika terjadi gangguan koneksi jaringan dari sistem daring maka Anda tidak dapat melalui proses pemesanan daring melalui mi.co.id untuk sementara waktu.
  4. XCI menggunakan jasa pihak ketiga untuk sistem pembayaran. Jika terjadi ganguan jaringan dari sistem pembayaran, maka Anda tidak dapat melalui proses pengiriman untuk sementara waktu. Sebelum melakukan pembayaran, mohon periksa koneksi jaringan Anda selalu dalam keadaan terbaik agar koneksi tidak terputus.
  5. XCI menggunakan jasa pihak ketiga untuk sistem pengiriman. Setelah Anda mendapatkan konfirmasi pengiriman dari XCI, Anda dapat melakukan pemeriksaan status pengiriman Produk yang Anda telah bayar melalui situs resmi perusahaan jasa pengiriman yang telah Anda pilih. Mohon periksa status pengiriman Produk yang telah Anda beli secara teratur, setelah mendapatkan konfirmasi Produk sudah dikirim.
  6. Anda dilarang membeli Produk untuk dijual kembali atau dipindahkan, seluruh pembelian hanya untuk penggunaan Anda.

III. Informasi dan Penjelasan Produk

  1. XCI akan menampilkan informasi dan penjelasan mengenai Produk dengan pembaharuan secara reguler. Data mengenai informasi dan penjelasan mengenai Produk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya ke Anda. Sebelum melakukan pembelian, mohon periksa kembali informasi dan penjelasan Produk.
  2. Sumber informasi dan penjelasan mengenai Produk yang ditampilkan di mi.co.id adalah dari situs resmi Xiaomi (www.mi.com), petunjuk penggunaan, atau dari brosur.
  3. Anda dapat melakukan pemesanan di mi.co.id hanya untuk Produk dengan keterangan "Tersedia". Produk dengan status “Stok Habis” artinya Produk tidak dapat dibeli karena ketidaktersediaan Produk dari Penjual.
  4. Ada kemungkinan perbedaan warna antara warna yang ditampilkan di mi.co.id dengan Produk, karena faktor cahaya dan pengaturan/ketajaman monitor komputer. Maka, warna yang ditampilkan di mi.co.id tidak dapat dijadikan acuan.
  5. Sebelum melakukan pemesanan dan atau pembayaran, Anda harus memastikan penjelasan atau informasi Produk telah sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Apabila Anda kurang jelas mengenai informasi dan penjelasan Produk, maka harap mengunjungi MiStore atau hubungi hotline layanan konsumen.

IV. Prosedur Pemesanan

  1. Anda harus mendaftarkan diri dan membuat akun di mi.co.id untuk dapat melakukan pemesanan. Mohon untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan pengguna Xiaomi sebelum Anda menyetujui untuk menjadi anggota. Lihat tautan di: https://www.mi.co.id/id/about/agreement/
  2. Anda dianggap telah mempelajari dan memahami informasi mengenai Produk yang telah ditampilkan, seperti informasi harga dan spesifikasi Produk.
  3. Kesalahan penulisan yang menyebabkan informasi penjelasan tidak tepat seperti harga dan informasi Produk, dianggap tidak sah.
  4. Anda dapat melakukan pemesanan daring dengan menggunakan sistem keranjang, kemudian memilih lokasi pengiriman dan selanjutnya memeriksa harga keseluruhan di sistem keranjang. Jika terdapat perubahan harga, maka harga yang berlaku adalah harga yang terlihat di halaman cek keluar (check out).
  5. Pembayaran Anda adalah keinginan dan persetujuan dari transaksi pemesanan sesuai nilai transaksinya. Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan transaksi yang telah disetujui oleh Anda.
  6. Jika dianggap tidak sesuai, XCI berhak untuk menolak transaksi Anda.
  7. Di Informasi Pemesanan, Anda berhak untuk menekan tombol permintaan Faktur Pajak Pertambahan Nilai/Value Added Tax (“PPN” atau “VAT”) untuk meminta Faktur PPN. Mohon untuk isi informasi perpajakan anda dengan benar (NPWP, Nama, Alamat dan email). XCI dan Penjual tidak bertanggung jawab atas ketidaktepatan atau tidak akuratnya informasi pajak yang telah diberikan Anda. Anda dapat menerima Faktur PPN melalui email dalam waktu tujuh (7) hari kerja setelah transaksi lengkap.
  8. Jika Anda tidak menekan tombol permintaan Faktur PPN, maka Anda mengesampingkan hak anda untuk meminta Faktur PPN. XCI dan Penjual tidak akan menerima permintaan Faktur PPN jika Anda tidak menekan tombol permintaan Faktur PPN.

V. Harga Produk dan Konfirmasi Pembelian/Pembayaran.

  1. Harga Produk yang harus dibayarkan Anda adalah harga yang sebagaimana tersebut di keranjang dan atau halaman cek keluar.
  2. Jika ada perbedaan harga antara harga Produk di halaman cek keluar, maka harga yang berlaku adalah harga yang disebutkan dalam halaman cek keluar.
  3. Seluruh pajak atas Produk (pajak penghasilan atau pajak pertambahan nilai antara Penjual dan Anda serta biaya lainnya) merupakan kewajiban Penjual dan Anda ke kantor pajak.

VI. Pembayaran

  1. Pembeli wajib melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh mi.co.id. Pembeli melakukan pembayaran dengan cara pembayaran yang telah dipilih, kemudian XCI akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli di sistem mi.co.id telah selesai.
  2. Mata uang yang digunakan dalam proses pembelian adalah Rupiah (Rp).
  3. Anda dapat melakukan pembayaran melalui:  Kartu kredit: Visa (Terverifikasi oleh Visa) MasterCard dan JCB.  Pembayaran melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking dan Transfer Bank.  AlfaMart, Indomaret  E-wallet
  4. Anda dapat memilih cara pembayaran yang paling mudah dan nyaman. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas pembayaran dan penggunaan kartu kredit.
  5. Anda harus membayar penuh sesuai jumlah yang harus dibayarkan sebagaimana ditampilkan dalam sistem pembayaran mi.co.id. Bank akan menolak pembayaran Anda jika jumlah pembayaran dan/atau kode pembayaran tidak sesuai dengan tagihan dari mi.co.id.
  6. Jika Anda memilih pembayaran melalui ATM, transfer bank, teller atau Alfamart/Indomaret, maka Anda harus melakukan pembayaran dengan maksimum waktu sebagaimana disebutkan dalam situs web dari waktu ke waktu yang telah ditentukan di mi.co.id. Jika Anda tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang telah ditentukan di situs web, maka pesanan akan dibatalkan secara otomatis.

VII. Pengiriman Produk

  1. Pengiriman Produk wajib menggunakan perusahaan jasa pengiriman barang yang terdapat dalam mi.co.id.
  2. Pengiriman Produk yang telah dipesan akan dilakukan setelah XCI melakukan konfirmasi bahwa pembayaran yang Anda lakukan telah diterima sesuai dengan nilai yang telah dipesan, kecuali untuk pesanan Tunai saat Pengiriman (Cash On Delivery/COD). Untuk prabayar, XCI akan mengirimkan Produk jika memperoleh ketersediaan stok yang sesuai untuk melakukan pemesanan secara urut.
  3. Setiap ketentuan mengenai proses pengiriman Produk adalah wewenang sepenuhnya perusahaan jasa pengiriman barang. Mohon Anda membaca syarat dan ketentuan pengiriman, sebelum Anda memilih perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang sesuai dengan Anda.
  4. Produk akan dikirimkan ke alamat yang telah ditentukan sebelumnya oleh Anda. XCI tidak menerima pengiriman ke alamat PO BOX dan/atau alamat sementara, termasuk hotel, motel dan tempat lainnya yang diketahui oleh XCI sebagai rumah tamu (guesthouse).
  5. Anda memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Produk oleh penyedia jasa pengiriman barang adalah merupakan tanggung jawab perusahaan penyedia jasa pengiriman barang.
  6. XCI tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerugian atau pengeluaran apapun yang disebabkan oleh kesalahan kecil dalam penulisan alamat oleh Anda yang menyebabkan Produk pesanan tidak sampai kepada Anda.
  7. Anda dapat melihat status pesanan dengan menggunakan fasilitas Order Tracking di situs perusahaan penyedia jasa transportasi yang telah dipilih oleh Anda.
  8. Biaya pengiriman Produk akan ditanggung oleh Anda.

VIII. PEMBERITAHUAN SEBELUM MENANDATANGANI TANDA TERIMA PENGIRIMAN.

  1. Sebelum Anda menandatangani tanda terima pengiriman Produk, mohon periksa secara teliti apabila ada kerusakan pada pembungkus luar paket dan atau kotaknya. Jika pembungkus luar paket atau kotaknya telah sobek, terbuka atau dalam keadaan tidak baik, mohon segera tolak untuk menandatangani tanda terima dan Produk serta kembalikan ke petugas pengirim.
  2. Jika Anda menandatangani tanda terima Produk, maka Anda dianggap telah menerima Produk tersebut. Mohon diingat bahwa setelah Anda menerima Produk, Anda tidak berhak untuk membatalkan pemesanan dan atau pembayaran dan atau meminta penggantian Produk dengan Produk lain atau meminta pengembalian pembayaran atas Produk dalam bentuk apapun. Namun, jika ada cacat pabrik atau cacat Produk dalam masa garansi, Anda dapat mengunjungi Pusat Layanan Purnajual Resmi Xiaomi untuk perbaikan.
  3. XCI tidak bertanggung jawab ke Anda atas setiap biaya yang timbul atas Produk yang rusak, dibatalkan, pengembalian uang dan atau setiap kekurangan lainnya.
  4. Untuk Pembayaran Tunai saat Pengiriman (“COD”) atas Produk, jika Anda menolak untuk membayar tunai saat dikirim, maka Anda dianggap telah membatalkan pesanan.
  5. Untuk Produk prabayar, jika Anda menolak untuk menerima Produk yang tidak mengalami kerusakan pembungkus luar paket, maka dianggap Anda membatalkan pesanan.

IX. Pembatalan Transaksi

XCI dapat membatalkan transaksi secara sepihak jika adanya pemberitahuan dari rekanan perusahaan penyedia jasa payment gateway atas pembayaran yang mencurigakan dan atau penyalahgunaan kartu kredit.

X. Kartu Kredit

  1. Transaksi pembelian Produk dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total pembelian belanja minimal Rp.50.000 (limapuluh ribu Rupiah) hingga maksimal Rp.50.000.000,- (limapuluh juta rupiah).
  2. Transaksi pembelian Produk dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan dari bank penerbit kartu kredit, perusahaan penyedia jasa payment gateway dan Kebijakan Layanan ini.
  3. Apabila terdapat transaksi pembelian Produk dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Kebijakan Layanan ini, maka XCI berwenang untuk:
  4. Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh XCI, pihak Bank, maupun mitra payment gateway untuk melakukan investigasi kemungkinan adanya tindak pidana, sekurang-kurangnya 14 hari kerja.
  5. Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (limabelas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.
  6. Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke batas kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan XCI.
  7. Transaksi menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1.5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya administrasi tersebut akan dikembalikan ke batas kartu kredit Anda. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya administrasi tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
  8. Pembayaran yang menggunakan program cicilan 0% akan mengikuti syarat dan ketentuan dari masing-masing bank.
  9. XCI tidak melayani tuntutan apapun atas transaksi yang timbul karena penyalahgunaan kartu kredit. Mohon segera menghubungi perusahaan penerbit kartu kredit Anda. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas kepemilikan dan penggunaan kartu kredit Anda.

XI. Garansi Produk

  1. Garansi adalah garansi resmi yang dilampirkan di Produk termasuk jasa perbaikan dan suku cadang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang tersebut dalam Produk, atau yang telah dipublikasikan di situs resmi Xiaomi, lihat di tautan: https://www.mi.co.id/id/service.
  2. Seluruh biaya yang timbul dan di tidak termasuk dalam garansi akan ditanggung sepenuhnya oleh Anda. Penyedia jasa purna jual sewaktu-waktu berhak untuk mengubah harga suku cadang dan atau biaya jasa purna jual yang telah melewati batas masa garansi.
  3. Garansi tidak berlaku jika tidak memenuhi syarat dan ketentuan umum berikut ini:  Tagihan dan informasi pemesanan pembelian asli (termasuk versi foto monitor (screen shoot) atau versi tertulis) telah rusak, hilang atau tidak dapat ditunjukan.  Nomor seri Produk telah rusak, hilang, ada guratan atau tulisan tangan.  Segel yang terpasang telah berubah, rusak atau dirusak selama masa garansi.  Produk telah dibongkar oleh siapapun selain oleh Pusat Servis Resmi atas Produk.  Telah dirusak oleh binatang atau serangga seperti kadal, tikus, dan sebagainya.  Produk menjadi rusak karena kesalahan pemasangan atau penggunaan (kesalahan manusia), kecelakaan, jatuh, bencana alam, sambaran petir, terkena cairan, perubahan tegangan, dan sebagainya, kecuali kesalahan tersebut diperbaiki pertama kali telah terdeteksi oleh Pusat Servis Resmi atas Produk.
  4. Garansi Cacat pada saat Ketibaan (Dead On Arrival)/ Cacat pada saat Pembelian (Dead At Purchase) (“DOA/DAP”) adalah garansi pergantian produk baru yang akan diberikan ke Anda, berdasarkan ketentuan sebagai berikut:  Cacat produksi, bukan karena kesalahan penggunaan seperti: jatuh, kemasukan air, kesalahan pemasangan, perubahan voltase, dan lain-lain.  Anda harus melaporkan ke layanan konsumen melalui live chat atau hotline konsumen (pada jam 9:00 pagi hingga 6:00 sore waktu Jakarta) atau Pusat Servis Resmi atas Produk dalam waktu 7 hari kalender sejak tanggal menerima Produk.  Jika ada tidak melakukan klaim dalam waktu maksimal 7 hari kalender sejak diketahui oleh Anda (sesuai dengan tanggal penerimaan dari perusahaan penyedia jasa pengiriman), Anda tidak berhak atas klaim garansi DOA/DAP.  Produk yang cacat yang telah dilaporkan harus dikirim ke Pusat Servis Resmi atas Produk dalam waktu 3 hari kalender setelah tanggal penerimaan laporan.  Setelah melewati batas garansi DOA/DAP, Anda dapat mengunjungi Pusat Service Resmi (Authorized Service Center/ASC) atas Produk.

XII. Hak Kekayaan Intelektual

  1. XCI dan Afiliasi XCI adalah pemilik hak kekayaan intelektual yang ada di mi.co.id dan isinya yang sah. Situs mi.co.id dan isinya termasuk hak kekayaan intelektual dilindungi oleh hukum Indonesia serta peraturan hak kekayaan intelektual yang berlaku di dunia.
  2. Situs Mi.co.id, ikon, logo adalah merek terdaftar di beberapa yurisdiksi serta dilindunguni oleh hak cipta, hak dagang, dan hak kekayaan intelektual lainnya. Anda dilarang untuk menggunakan dan mengubah merek tersebut tanpa memperoleh persetujuan tertulis sebelumnya dari XCI.

XIII. Penolakan Garansi dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Mi.co.id adalah portal web yang menyediakan jasa kepada Anda dan Penjual atas Produk yang ditampilkan. Maka, transaksi yang terjadi adalah transaksi antara Anda dan Penjual, sehingga Anda memahami bahwa batasan tanggung jawab XCI secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
  2. XCI selalu berupaya untuk menjaga keamanan, nyaman dan berfungsi dengan baik atas layanan mi.co.id. Namun, XCI tidak dapat menjamin kesempurnaan pengoperasian mi.co.id atau akses ke layanan untuk selalu sempurna. Sejauh diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, XCI (termasuk induk perusahaan, direksi, dan karyawannya) tidak bertanggung jawab atas kesempurnaan pengoperasian.
  3. Anda setuju untuk tidak menuntut dan membebaskan XCI (termasuk induk perusahaan, direksi, dan karyawannya) atas segala kerugian atau kerusakan (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya modal, uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tidak langsung lainnya) yang diakibatkan dari penggunaan mi.co.id oleh Anda.
  4. Total maksimum kewajiban kumulatif XCI kepada Anda atas setiap klaim yang timbul dari melaksanakan atau tidak melaksanakan jasa dan kewajiban-kewajibannya, baik berdasarkan hukum, kesalahan, kelalaian, wanprestasi, adalah terbatas pada jumlah yang sama dengan biaya jasa yang diterima atas Produk yang Anda beli dari Penjual.

XIV. Kontrol Ekspor

Kebijakan Layanan ini dan seluruh Produk tunduk pada peraturan kontrol ekspor yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan kontrol ekspor Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat dan yuridiksi Anda sendiri. Anda dilarang mengekspor setiap Produk yang telah dibeli dari Penjual ke setiap negara atau daerah atau setiap pihak yang telah dilarang oleh peraturan kontrol ekspor. Negara-negara dan daerah yang dilarang termasuk Kuba, Iran, Suriah, Korea Utara, Sudan dan daerah Krimea. Jika Anda berencana untuk mengekspor setiap Produk yang telah dibeli dari Penjual ke negara lain, Anda harus memperoleh perijinan ekspor yang diperlukan dari pemerintah Indonesia (atau persetujuan pemerintah lainnya) sebelum melakukan ekspor.

XV. Hukum yang Berlaku

  1. Kebijakan Layanan ini berdasarkan hukum Republik Indonesia.
  2. Jika terjadi perselisihan yang timbul akibat pelaksanaan Kebijakan Layanan ini, Anda dan XCI akan menyelesaikannya melalui musyawarah untuk mufakat terlebih dahulu. Jika perselisihan tidak dapat diselesaikan dalam waktu 30 hari kalender sejak pertama kali timbulnya perselisihan maka, perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui Kantor Panitera di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jakarta, Indonesia.

XVI. Hak Interpretasi

XCI berhak atas melakukan interpretasi dan pelaksanaan ketentuan-ketentuan di atas. Serta XCI berhak sewaktu-waktu berhak merubah Kebijakan Layanan ini dan ketentuan-ketentuan lainnya di mi.co.id, dengan pemberitahuan ke Anda.