*Halaman ini diterjemahkan secara otomatis dari artikel berbahasa Inggris
Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan kelambatan jaringan, seperti router, kartu SIM, kekuatan sinyal di lokasi Anda, dll.
Anda dapat memecahkan masalah dengan langkah-langkah berikut:
1. Periksa apakah masalah hanya terjadi di satu APP tertentu. Coba beralih ke APP yang berbeda untuk melihat apakah aplikasi tersebut berfungsi dengan baik. Jika APP lain berfungsi normal, itu adalah masalah koneksi jaringan dengan server APP daripada masalah dengan ponsel itu sendiri;
2. Jika Anda menggunakan data seluler, periksa kekuatan sinyal di lokasi Anda. Perlu diingat bahwa memiliki bilah sinyal penuh tidak selalu berarti koneksi data yang stabil. Disarankan untuk menguji di berbagai area untuk melihat apakah sinyal jaringan data yang lemah di lokasi Anda saat ini menyebabkan masalah;
3. Jika Anda menggunakan Wi-Fi dan mengalami pemutusan koneksi, tentukan apakah hal ini terjadi di semua lingkungan Wi-Fi (misalnya, jaringan rumah, jaringan kantor). Jika masalah berbeda di antara jaringan yang disediakan oleh operator yang berbeda, itu adalah masalah dengan jaringan Wi-Fi tertentu;
4. Periksa apakah Anda menggunakan casing ponsel dengan komponen logam. Beberapa kasus di pasaran menggunakan area logam berlapis yang luas untuk tujuan estetika, yang dapat mengganggu penerimaan dan transmisi sinyal, yang memengaruhi kinerja jaringan ponsel Anda;
5. Untuk permainan horizontal, periksa apakah pegangan Anda menutupi antena samping. Hal ini dapat memengaruhi kemampuan ponsel untuk menerima sinyal jaringan, yang menyebabkan koneksi terputus, lagging, atau kecepatan lambat. Coba biarkan sebagian sisinya terbuka;
6. Periksa lingkungan Anda untuk melihat apakah Anda terlalu jauh dari router atau apakah ada dinding di antaranya. Coba bergerak lebih dekat ke router dan uji koneksinya;
7. Periksa jumlah perangkat yang terhubung ke router. Jika terlalu banyak perangkat yang menggunakan jaringan, hal itu dapat menyebabkan kelambatan jaringan yang sering terjadi di ponsel Anda;
8. Coba ubah saluran router atau atur ulang router untuk melihat apakah ini meningkatkan koneksi;
9. Pastikan tidak ada perangkat lain yang menggunakan bandwidth untuk aktivitas seperti menonton video HD atau mengunduh file besar.
Jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, disarankan untuk mengirimkan masukan dengan deskripsi terperinci tentang masalah tersebut dan mengunggah lognya.