*Halaman ini diterjemahkan secara otomatis dari artikel berbahasa Inggris
Jika ponsel tiba-tiba restart, macet, atau menjadi hitam selama penggunaan normal, dan Anda menemukan bahwa data telah hilang setelah reboot.
Silakan lihat metode berikut untuk pemecahan masalah:
1. Jika hanya data dari APP tertentu yang hilang, itu bukan disebabkan oleh masalah sistem. Ponsel tidak dapat mengalami kehilangan data yang tidak dapat dijelaskan. Periksa apakah Anda sebelumnya telah mengunduh perangkat lunak keamanan pihak ketiga atau me-root sistem;
2. Jika semua data hilang dan telepon memasuki antarmuka panduan boot, ini menunjukkan bahwa ponsel telah mengalami reset pabrik atau operasi berkedip (jika perangkat memiliki kata sandi layar kunci, menahan tombol volume dan daya secara bersamaan akan masuk ke mode Pemulihan, di mana data Anda dapat dihapus melalui operasi tombol—ini adalah skenario yang dihadapi kebanyakan orang);
3. Periksa apakah ponsel telah masuk ke mode Aman. Dalam mode Aman, aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan, yang dapat membuatnya tampak seperti data telah hilang, namun keluar dari mode Aman akan menyelesaikannya;
4. Verifikasi apakah Anda telah menggunakan layanan cloud atau perangkat lunak sinkronisasi lainnya untuk pencadangan data. Jika demikian, cobalah untuk memulihkan data. Jika data sebelumnya tidak disinkronkan dan hanya ada secara lokal di ponsel, data yang hilang tidak dapat dipulihkan;
5. Disarankan untuk mengunjungi pusat layanan resmi terdekat untuk melakukan flash pelestarian data (juga dikenal sebagai Flash Pemulihan atau flash kartu) untuk menyingkirkan masalah sistem lokal di ponsel Anda. Kemudian, amati apakah ponsel beroperasi normal dari waktu ke waktu;
6. Jika Anda mencurigai masalah perangkat keras, Anda dapat menghubungi pusat layanan purna jual untuk inspeksi.