Adalah normal jika Xiaomi 13 Ultra membeku untuk waktu yang singkat setelah pembaruan sistem. Dalam hal ini, silakan lihat metode berikut:
1. Pastikan sistem operasi ponsel cerdas Anda mutakhir. Pembaruan perangkat lunak sering kali mencakup perbaikan bug, tambalan keamanan, dan peningkatan yang dapat mengatasi masalah tingkat perangkat lunak;
2. Adalah normal jika smartphone membeku untuk waktu yang singkat setelah pembaruan sistem. Sistem telepon mengoptimalkan aplikasi setelah ponsel baru saja diperbarui. Selama waktu ini, ponsel Anda mungkin kelebihan beban dan kemudian mulai tertinggal. Disarankan agar Anda menunggu selama 1 hingga 2 minggu hingga sistem dioptimalkan sepenuhnya;
3. Jika smartphone masih tertinggal atau macet setelah 2 minggu, silakan kirimkan umpan balik pengguna dengan membuka [Pengaturan] >> [Layanan & umpan balik], dan tunggu pembaruan di masa mendatang.
Jika smartphone tertinggal atau macet tanpa pembaruan sistem, lakukan metode berikut:
1. Jika ponsel Anda mengunggah atau mengunduh file, gambar, video, atau aplikasi, menyalin data (seperti dari File), atau mentransfer data (seperti melalui Mi Share), mungkin perlu beberapa saat agar ponsel Anda merespons. Dalam hal ini, tunggu hingga tugas selesai atau menghentikan tugas;
2. Mulai ulang ponsel Anda, terkadang restart sederhana dapat membantu menghapus file dan proses sementara yang mungkin menyebabkan penundaan;
3. Tutup aplikasi latar belakang yang tidak digunakan. Anda dapat menggesek ke atas dari bagian bawah layar untuk masuk ke backend operasional aplikasi dan memilih untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan;
4. Cobalah untuk menghapus data cache, yang dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan memengaruhi kinerja. Buka [Keamanan] >> pilih [Pembersih]/[Pembersihan Dalam] untuk memilih data cache yang perlu dihapus;
5. Jika mode Penghemat baterai atau mode penghemat baterai Ultra diaktifkan atau tingkat baterai terlalu rendah, ponsel cerdas Anda akan membatasi beberapa fitur agar tidak berfungsi untuk memperpanjang masa pakai baterai. Disarankan agar Anda menonaktifkan mode Penghemat baterai dengan membuka [Pengaturan] >> [Baterai]. Juga, pertahankan level baterai di atas 20%;
6. Periksa apakah ponsel Anda terlalu panas. Kinerja ponsel memburuk dan ponsel merespons dengan lambat saat terjadi panas berlebih. Disarankan agar Anda menghindari penggunaan ponsel saat sedang mengisi daya, mengurangi kecerahan layar, dan menonaktifkan aplikasi dan fungsi intensif daya, seperti Bluetooth dan NFC;
7. Verifikasi apakah Anda menginstal aplikasi pihak ketiga, seperti tema, font, keamanan/pengoptimal, pengelola baterai, atau peluncur sistem. Berbeda dengan fitur bawaan MIUI, aplikasi ini mungkin tidak kompatibel dengan sistem operasi atau antarmuka pengguna dan dapat menyebabkan sistem ponsel cerdas Anda tertinggal. Dalam hal ini, silakan hapus instalan aplikasi pihak ketiga yang disebutkan di atas;
8. Periksa apakah ada masalah perangkat keras dengan membuka aplikasi [Telepon] dan memasukkan *#*#6484#*#* atau *#*#64663#*#* untuk masuk ke deteksi perangkat keras (mode CIT). Jika ada masalah perangkat keras, silakan hubungi pusat layanan resmi kami setempat atau penjual Anda untuk bantuan lebih lanjut. Mereka akan membantu Anda dalam hal ini;
9. Jika metode di atas tidak dapat menyelesaikan masalah, harap cadangkan data, keluar dari akun Xiaomi dan Google Anda, dan lakukan reset pabrik dengan menavigasi ke [Pengaturan] >> [Tentang ponsel] >> [Reset pabrik].
Namun, jika tidak ada masalah perangkat keras, kami harap Anda dapat mengirimkan umpan balik pengguna dengan membuka [Pengaturan] >> [Layanan & umpan balik], dan menunggu pembaruan di masa mendatang.