*Halaman ini diterjemahkan secara otomatis dari artikel berbahasa Inggris
Dalam game FPS dengan kecepatan bingkai tinggi, robekan layar sering dapat terjadi, di mana bagian layar di bagian atas dan bawah tampak tidak sejajar, menyerupai dua gambar yang dilapisi secara acak. Setiap bingkai gambar ditampilkan piksel demi piksel dari kiri ke kanan (meskipun tidak terlihat oleh mata manusia karena kecepatan). Hal ini dapat menyebabkan gagap ketika kecepatan bingkai yang dihasilkan secara signifikan lebih rendah daripada kecepatan refresh monitor. Mencocokkan kecepatan refresh monitor dengan kecepatan bingkai keluaran kartu grafis dapat dengan sempurna mencegah robekan. Sinkronisasi vertikal memaksa kartu grafis untuk menggunakan kecepatan refresh monitor sebagai kecepatan bingkai operasinya untuk mencapai efek mengikuti monitor (dengan mengorbankan beberapa bingkai). Monitor FreeSync memungkinkan kartu grafis dan APU (Accelerated Processing Units) AMD untuk mengontrol kecepatan refresh layar yang terhubung secara dinamis. Monitor yang mendukung FreeSync disinkronkan dengan kecepatan refresh game, dengan batas atas adalah kecepatan refresh maksimumnya, yang menyesuaikan sesuai kebutuhan.
Anda dapat merujuk ke situs web resmi AMD untuk lebih jelasnya: https://www.amd.com/zh-hans/technologies/free-sync-faq.
Nota:
FreeSync memerlukan kartu grafis AMD atau sistem APU yang kompatibel, dan kabel koneksi harus berupa kabel DisplayPort (DP). NVIDIA juga mendukung kompatibilitas dengan monitor FreeSync.