Beranda/Dukungan/Tanya jawab umum/

Boot Loader Lock Use Introduction FAQ

/

Boot Loader Lock Use Introduction FAQ

Apa itu BL lock?
BL lock adalah singkatan dari BootLoader. Merupakan program kecil yang berjalan sebelum pengoperasian inti sistem operasi. Agar aplikasi pihak ketiga tidak bisa meretas ke dalam sistem three-party berbarengan, dan memodifikasi file konfigurasi sistem yang bisa menyebabkan kebocoran informasi pengguna, Mi phone telah menambahkan BL lock. Saat butuh melakukan penginstalan ulang atau ROOT, BL lock harus dibuka terlebih dahulu sebelum operasi dapat dilanjutkan.
T1: Cara membuka BL Lock?
Saat ini semua pengguna memiliki hak membuka kunci, dan tidak perlu mendaftar di forum MIUI.
1). Masuk ke forum untuk alat pembuka kunci: http://en.miui.com/unlock/
2). Login ke akun Mi yang sudah memiliki otoritas buka kunci di perangkat yang perlu dibuka kuncinya, dan pasangkan akun dan perangkat di "Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Status Buka Kunci Perangkat" (opsi ini tidak tersedia sampai setelah V8.1 ).
3). Setelah login, masuk ke mode fastboot secara manual (Matikan ponsel, dan tekan tombol volume saat boot).
4). Di alat pembuka kunci Xiaomi di komputer, login ke akun Xiaomi menggunakan otoritas buka kunci di ponsel, dan sambungkan ke ponsel melalui USB.
5). Ketuk "buka kunci", proses pembukaan kunci akan selesai dalam waktu sekitar 10 detik.
T2: Prasyarat apa yang diperlukan untuk membuka kunci dan apa saja yang perlu diperhatikan?
Pembukaan kunci membutuhkan kartu SIM yang valid, dan masing-masing kartu SIM dapat memasangkan 2 mesin dalam waktu tiga bulan. Selain itu, untuk membuka kunci perlu memilih "Kaitkan akun dan perangkat" dari opsi phone developer, dan tunggu proses pemasangannya.
Interval pembukaan kunci antara dua perangkat yang dilakukan dari akun yang sama harus lebih lama dari 30 hari.
T3: Saat dibuka, berapa lama akun harus dipasangkan?
Semua ponsel yang terikat setelah 22 November 2018 harus menunggu selama 15 hari. Untuk alasan keamanan, untuk mencegah penginstalan ulang batch, untuk beberapa pengguna setelah pemasangan, waktu tunggu disesuaikan menjadi 60 hari.
Catatan:
1). Jangka waktu 15 hari setelah pemasangan BL lock berarti ponsel harus tersambung ke jaringan selama 15 hari, bukan masa tunggu 15 hari.
2). Jika ponsel pengguna login menggunakan akun Xiaomi lain selama proses tersebut, waktu pembukaan kunci perlu dihitung ulang.
T4: Apakah membuka kunci akan menghapus data pengguna?
Agar privasi pengguna tidak dicuri, Mi 6, Mi Mix 2, Mi Note 3 dan model-model berikutnya akan menghapus data pengguna saat kuncinya berhasil dibuka, sedangkan model lainnya tidak.
Selain itu, jika ponsel pengguna telah mengaktifkan enkripsi penuh, membuka kuncinya juga akan menghapus semua data,disarankan untuk mencadangkan terlebih dahulu sebelum membuka kunci.
T5: Bagaimana cara mengunci kembali setelah membuka kunci?
Ponsel yang tidak terkunci dapat dikunci kembali setelah menginstal ulang paket MIUI resmi lagi. Pilih skrip penginstalan ulang: hapus dan kunci, (flash_all_lock.bat).
T6: Bagaimana saya tahu jika ponsel saya tidak terkunci?
1). Masuk ke Setelan>>Opsi Pengembang>>Status membuka kunci perangkat, dan perangkat yang tidak terkunci akan ditampilkan sebagai "kunci dibuka".
2). Saat ponsel dihidupkan, antarmuka startup akan menampilkan "unlocked"
T7: Kesalahan dan solusi umum saat membuka kunci:
Saat muncul perintah "Akun yang tidak terkunci saat ini tidak sesuai dengan akun yang terdaftar di ponsel":
1). Pastikan akun ponsel dan akun alat pembuka kunci konsisten.
2). Jika akun sudah konsisten, tetapi masalah tetap ada, bagi pengguna versi stabil, disarankan menunggu selama 5 hingga 7 hari setelah kegagalan verifikasi buka kunci pertama, dan bagian belakang akan membuat penyesuaian dengan situasi tersebut. Setelah 5-7 hari mereka dapat membuka kunci ponsel, dan tidak diperlukan operasi lainnya.
3). Untuk pengguna versi pengembangan, disarankan untuk menyandingkan akun dan perangkat, dan umumnya dalam dua hari mereka bisa mencoba lagi untuk membuka kunci. Langkah-langkah penyandingan adalah sebagai berikut: pengaturan > pengaturan lainnya > opsi pengembang > status buka kunci perangkat > klik "pasangkan akun dan perangkat".
T8: Alat Pembuka Kunci meminta kueri akun tidak normal
1). Apakah akun di ponsel dan komputer sudah konsisten.
2). Apakah memilih "Perangkat pasangan akun" di opsi pengembang dan telah menunggu waktu yang sesuai.
3). Jika hal di atas dipastikan baik-baik saja, Disarankan gunakan ponsel yang login ke akun ini dan nonaktifkan perlindungan Akun. Coba: Pengaturan - Akun Xiaomi - login dan keamanan - perlindungan akun (hanya sebagian dari versi sistem sebelumnya yang memiliki opsi ini).
Jika butuh membuka kunci ponsel, setelah menginstal ulang mesin dan ingin mengaktifkan Root atau menginstal ulang ponsel lagi, masih memunculkan pesan bahwa ponsel tidak terkunci.
Script default untuk alat MIflash adalah "Hapus semua dan kunci". Jika pengguna tidak mengubah skrip, skrip default akan terkunci kembali setelah penginstalan ulang. Disarankan untuk memeriksa apakah penguncian tersebut disebabkan oleh alasannya.

P&J Membuka kunci proses Bootloader:
P1: Cara melakukannya jika alat pembuka kunci memunculkan pesan "Akun dan perangkat tidak konsisten"?
J: Ini karena validasi akun dan peralatan gagal saat proses membuka kunci.
Solusi: pertama-tama tingkatkan ponsel ke versi stabil terbaru, atau perbarui dari versi stabil  ke versi pengembangan terbaru, login ke akun yang sama di perangkat dan alat pembuka kunci, lalu masuk "Pengaturan -> Opsi Pengembang -> Status Buka Kunci Mi" untuk mengikat akun dan peralatan.
P2: Cara melakukannya jika alat pembuka kunci memunculkan pesan "Tidak dapat mengakses informasi ponsel"?
J: Dalam kasus ini, driver perangkat di komputer tidak diinstal dengan benar. Disarankan untuk mencolokkan kembali kabel USB, mengganti port USB atau mengganti kabel USB sambil menunggu komputer menginstal driver secara perlahan, atau menginstal driver di modul instalasi drive di sudut kanan atas alat.
P3: Gagal membuka kunci dan muncul pesan "waktu pengikatan antara akun dan perangkat terlalu singkat, buka kunci setelah XXX jam"
J: Model baru yang sedang dijual umumnya harus menunggu, dan pengguna dengan skor keamanan rendah harus menunggu. Waktu tunggu saat ini lebih dari 7 hari. Jika jumlah ponsel yang tidak terkunci di tahun ini melebihi 2 buah, waktu tunggu akan meningkat.
P4: Kegagalan membuka kunci memunculkan pesan bahwa "akun ini telah mencapai jumlah maksimum pembukaan kunci bulan ini”
J: Akun Xiaomi dibatasi untuk membuka kunci satu perangkat per bulan.
P5: Kegagalan membuka kunci menunjukkan bahwa "waktu pembukaan kunci kumulatif dari akun ini tahun ini telah mencapai batas atas"
J: Akun Xiaomi dibatasi untuk membuka kunci 4 perangkat berbeda per tahun.
P6: Kegagalan membuka kunci memunculkan pesan "Hak istimewa akun tidak mencukupi atau akun terbatas"
J: Ada risiko keamanan akun. Tidak mungkin untuk menyelesaikan operasi penguncian. Disarankan untuk mengubah akun.
P7: Kegagalan membuka kunci memunculkan pesan "kesalahan tidak diketahui -1”
J: Jaringan tidak normal. Harap ubah periode waktu atau jaringan untuk membuka kunci.