The "MI" in our logo stands for “Mobile Internet”. It also has other meanings, including "Mission Impossible", because Xiaomi faced many challenges that
had seemed impossible to defy in our early days.
Xiaomi was founded in 2010 by serial entrepreneur Lei Jun, who believes that high-quality
technology doesn't need to cost a fortune. We create remarkable hardware, software, and internet
services for and with the help of our Mi fans. We incorporate their feedback into our product range,
which currently includes the Mi Note Pro, Mi Note, Mi 4, Redmi 2, Mi TV, Mi Band and other accesso-
ries. With more than 61 million handsets sold in 2014, and products launched in Taiwan, Hong Kong,
Singapore, Malaysia, Philippines, India, Indonesia and Brazil, Xiaomi is
expanding its footprint across the world to become a global brand.
Lei Jun pernah menjadi bagian dari tim pendiri Kingsoft pada tahun 1992 dan menjadi CEO-nya pada tahun 1998. Setelah KingSoft berhasil menyelesaikan IPO pada tahun 2007, Lei Jun mundur dari posisinya dan menjabat sebagai Vice Chairman di KingSoft. Pada Juli 2011, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi di Kingsoft. Pada tahun 2000, Lei Jun mendirikan layanan informasi TI dan situs unduhan Joyo.com, yang dijual ke Amazon.com pada tahun 2004. Selain itu, beliau berinvestasi di banyak perusahaan rintisan yang sukses, seperti YY, UC, dan Vancl sebagai investor penyelamat. Pada 6 April 2010, dia memilih untuk memulai dari awal dan mendirikan Xiaomi.
Lin Bin bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2010. Beliau lulus dari Universitas Sun Yat-sen pada tahun 1990 dengan gelar sarjana teknik elektronik. Lalu, beliau memperoleh gelar master di bidang ilmu komputer dari Drexel University, Amerika Serikat. Sejak 1995 hingga 2006, Lin Bin menjabat sebagai Director Engineer di Microsoft Corporation, Senior Development Manager di Microsoft Research Institute Asia, dan Director di Microsoft Advanced Technology Center (ATC), dll. Beliau terlibat dalam penelitian perangkat lunak Windows Vista, IE8 pada periode tersebut. Beliau bergabung dengan Google pada akhir tahun 2006 sebagai Vice President dan Director di Google China Academy of Engineering. Beliau sepenuhnya bertanggung jawab atas Google China Mobile search, pembentukan tim aplikasi lokalisasi android, penelitian, dan pengembangan teknik.
Wang Xiang bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2015 dan bertanggung jawab atas fungsi platform serta membantu CEO dalam operasi grup. Wang Xiang lulus dari Beijing University of Technology dengan gelar sarjana teknik elektronik. Sebelumnya, beliau bekerja di Qualcomm selama 13 tahun, dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri semikonduktor dan komunikasi. Beliau menjabat sebagai Senior Vice President dan President of Greater China di Qualcomm. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan tersebut dengan cepat memperluas dan menguatkan hubungannya di Tiongkok. Beliau juga memegang posisi manajemen senior dalam penjualan dan pemasaran di perusahaan terkemuka, seperti Motorola dan Lucent/Agere.
Hong Feng bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2010. Beliau menjabat sebagai Chairman dan CEO Airstar Digital Technology, yang berfokus pada pengembangan bisnis keuangan. Hong Feng lulus dari Shanghai Jiao Tong University, tempat beliau memperoleh gelar ilmu komputer & teknik. Beliau melanjutkan karier akademisnya di Purdue University, dan memperoleh gelar master di bidang ilmu komputer. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, Hong Feng bekerja di Siebel, kemudian bergabung dengan Google sebagai Senior Software Engineer. Ketika bekerja di Kantor Pusat Google, beliau mengawasi Google Music, Google Pinyin Input, Google Calendar, dan Google 3D Street View.
Liu De bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2010 dan bertanggung jawab atas perekrutan, promosi, desain struktur organisasi, persetujuan, serta pelatihan dan penilaian staf senior. Liu De lulus dari Beijing Institute of Technology dengan gelar sarjana di bidang desain industri dan gelar master di bidang teknik mesin. Beliau melanjutkan karier akademisnya di bidang Desain Industri di Art Center College of Design yang ada di California, AS dan menerima gelar master dalam desain industrinya. Beliau kembali ke Tiongkok untuk mendirikan departemen desain industri di University of Science and Technology Beijing, dan menjabat sebagai dekan di departemen tersebut.
Wang Chuan bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2012 dan saat ini menjabat sebagai Chief Strategy Officer. Beliau lulus dari Beijing University of Technology dengan gelar master di bidang ilmu komputer & teknik. Dia mendirikan Thunder Stone Technology Ltd. pada tahun 1996 dan memimpin perusahaan sebagai pemasok peralatan hiburan audio visual terbesar di Tiongkok. Pada tahun 2010, Wang Chuan mendirikan Beijing Duokan Technology Co., Ltd dan menjadi CEO.
Shou bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2015 dan kini bertanggung jawab atas manajemen penjualan di Departemen Internasional. Shou memperoleh gelar sarjana ekonomi dari University College London dan MBA dari Harvard Business School. Beliau bergabung dengan DST pada tahun 2010 dan secara aktif terlibat dalam investasi perusahaan, seperti Xiaomi, JD.com, Alibaba, dan Didi. Sebelum di DST, Shou bekerja di Goldman Sachs, London.
Zhang Feng bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2016, dan kini menjabat sebagai Group Chief of Staff. Zhang Feng bertanggung jawab untuk membantu CEO dalam merumuskan Group Development Strategy dan mengawasi pelaksanaan strategi dari berbagai departemen bisnis. Selain itu, Zhang Feng juga menjabat sebagai Chairman di Group Procurement. Beliau bertanggung jawab untuk mengintegrasikan kebutuhan pengadaan berbagai departemen perusahaan, meningkatkan kapabilitas pengadaan, mengoptimalkan proses pengadaan, dan efisiensi. Beliau memperoleh gelar sarjana dalam bidang elektronik radio dari Shanghai University of Science and Technology. Zhang Feng bergabung dalam industri telepon seluler dan komunikasi selama lebih dari 20 tahun. Dari 1993-2012, beliau menjabat sebagai General Manager di cabang Nanjing Group. Pada tahun 2013, Zhang mendirikan Jiangsu Zimi Electronic Technology Co. Ltd dan menjabat sebagai General Manager, tempat Zimi menjadi salah satu mitra ekosistem Xiaomi.
Lu Weibing bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2019, dan kini bertanggung jawab atas manajemen penjualan Wilayah Tiongkok dan strategi merek, perencanaan dan produksi produk, serta penjualan & pemasaran Redmi. Lu Weibing lulus dari Tsinghua University di bidang kimia, dan memperoleh gelar EMBA dari CKGSB. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau menjabat sebagai President di Gionee Group, serta Founder dan CEO di Chenyee Technology Co.
Manu bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2014, beliau menjadi kepala bisnis Xiaomi di India. Beliau lulus dari IIT Delhi di bidang teknik, dan menerima gelar MBA dari IIM Calcutta, India. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau bekerja di McKinsey & Company selama 5 tahun, dan ikut mendirikan Jabong.com, yang merupakan perusahaan e-commerce terkemuka di India.
Cui Baoqiu bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2012 dan kini menjabat sebagai President di Qinghe University. Dr. Cui Baoqiu lulus dari jurusan ilmu komputer Wuhan University dan memperoleh gelar PhD dalam bidang ilmu komputer dari State University of New York, di Stony Brook. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau bekerja di IBM Silicon Valley Lab, Yahoo!, dan LinkedIn, mengerjakan pengembangan dan manajemen teknologi dalam database, mesin pencari, pembelajaran mesin, big data, jejaring sosial, dan lainnya.
Yan Kheseng bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2010, dan kini bertanggung jawab atas manajemen kualitas dari semua produk dan layanan. Beliau lulus dari Anhui Engineering Institute University dengan gelar di bidang teknologi dalam desain dan manufaktur mesin pertanian. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau bekerja sebagai Chief Mechanical Engineer di Motorola China, dan berpartisipasi dalam riset dan pengembangan banyak produk kelas dunia. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam desain produk telekomunikasi, riset dan pengembangan, serta kendali mutu.
Shang Jin bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2013, dan bertanggung jawab atas pengelolaan umum di wilayah Tiongkok. Beliau lulus dari Dalian University of Technology, jurusan fisika. Shang Jin bergabung dengan Kingsoft pada tahun 1999, berkontribusi pada area WPS dan gamenya di lokasi Zhuhai dan Beijing. Pada tahun 2002, beliau menjadi Technical Assistant bagi Lei Jun. Shang Jin meninggalkan Kingsoft pada tahun 2005 dan berinvestasi atau mendirikan beberapa perusahaan game seperti Changyou, youxigu.com, 70yx.com dan Qilin Films.
He Yong bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2018, dan bertanggung jawab atas urusan publik grup, manajemen kantor pusat regional, dan pengembangan regional. Yong memperoleh PhD dari Wuhan University. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau menjabat sebagai Deputy Director di kantor penghubung Provinsi Hubei di Beijing. He Yong memiliki pengalaman luas dalam hubungan pemerintah, urusan publik, ekonomi regional, layanan perusahaan, dll.
Chang Cheng bergabung dengan Xiaomi pada Januari 2020, dan bertanggung jawab atas perencanaan produk smartphone. Dr. Chang Cheng lulus dari departemen matematika dari Beijing Normal University dan menerima gelar PhD di bidang teknik dari Beijing University of Aeronautics and Astronautics. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau menjabat sebagai Vice President Lenovo Group.
Gao Ziguang bergabung dengan Xiaomi pada tahun 2014. Beliau bertanggung jawab atas bisnis ritel baru di wilayah Tiongkok. Gao Ziguang lulus dari Xi'an Jiaotong University, jurusan ilmu komputer dan teknologi, kemudian menerima gelar MBA dari Tsinghua University. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau bekerja di Tencent selama 10 tahun, yang berawal dari teknisi dasar hingga menjadi ahli teknis T4. Gao Ziguang telah berpartisipasi dan bertanggung jawab atas QQ, SOSO, Tencent Microblog, Micro-Video, dan produk lainnya. Beliau memiliki pengalaman yang luas dalam bisnis Internet.
Zeng Xuezhong bergabung dengan Xiaomi pada Juli 2020, dan bertanggung jawab atas R&D dan pembuatan smartphone. Zeng Xuezhong lulus dari jurusan fisika Tsinghua University, kemudian memperoleh gelar EMBA dari universitas yang sama. Beliau pernah menjabat sebagai Senior Vice President dan President ZTE Corporation di Tiongkok, Executive Vice President di ZTE Corporation dan CEO di ZTE Terminal. Beliau juga memegang posisi manajemen senior seperti Global Executive Vice President di Tsinghua Unigroup, serta Chairman dan General Manager di Huixin Communications. Sebagai manajer yang pandai dan ahli dalam industri komunikasi, beliau memiliki pengalaman praktis yang luas dalam strategi, inovasi, dan transformasi perusahaan.
Alain Lam bergabung dengan Xiaomi pada Oktober 2020 dan kini bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan. Di lain tempat, beliau tetap menjabat sebagai Deputy Chairman di Airstar Digital Technology. Alain lulus dari Universitas Oxford dengan gelar master di bidang teknik. Sebelum bergabung dengan Xiaomi, beliau menjabat sebagai Managing Director dan Head of Technology and Media di Perbankan Investasi dan Pasar Modal Credit Suisse, serta Managing Director di Morgan Stanley. Alain telah menjalankan proyek IPO saham AS seperti Kingsoft Cloud, Xiaopeng Motors, dan Pinduoduo, serta proyek IPO saham Hong Kong seperti Alibaba, Xiaomi, dan NetEase. Beliau memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman praktis di pasar modal.
"Just for fans" – that's our belief. Our hardcore Mi fans lead every step of the way. In fact, many
Xiaomi employees were first Mi fans before joining the team. As a team, we share the same relentless
pursuit of perfection, constantly refining and enhancing our products to create the best user experience
possible. We are also fearless in testing new ideas and pushing our own boundaries. Our dedication
and belief in innovation, together with the support of Mi fans, are the driving forces behind our
unique Mi products.
We are incredibly flat, open, and innovative. No never-ending meetings. No lengthy processes.
We provide a friendly and collaborative environment where creativity is encouraged to flourish.
Xiaomi’s got talent! Friendly competitions let the Mi team show off their athletic prowess in bask-
etball, swimming, badminton and more. Our annual "Mi Idol" has also uncovered plenty of star potential.
Xiaomi is focused on being the most user-centric mobile internet company, and we aim
to constantly exceed expectations through innovations in software, hardware and services.
Many of our employees were initially fans of Mi products, before they decided to join us. Our team is
not only passionate about technology, but also relentlessly pursues perfection to break tradition and
push boundaries, all just to ensure that our products remain unique and offer an unparalleled user
experience. Xiaomi is headquartered in Beijing, China and has offices
in Asia-Pacific, India, and Brazil.